Now Reading:
Suka Bikin Bingung, Ini Loh Bedanya Perfume, Eau de Perfume, Eau de Toilette, dan Cologne
Full Article 3 minutes read

Suka Bikin Bingung, Ini Loh Bedanya Perfume, Eau de Perfume, Eau de Toilette, dan Cologne

iyaa.com | Jakarta: Selain makeup, salah satu penyempurna tampilan kamu adalah wewangian. Wewangian sendiri ada beragam jenisnya, diantaranya perfume, eau de perfume, eau de toilette, cologne, serta eau fraiche.

Beberapa nama wewangian tersebut akrab di telinga kamu bukan? Tapi apa kamu tahu apa perbedaannya? Dilansir dari Beauty Heaven, ini perbedaan antara semua jenis wewangian tersebut.

Perfume

Foto: Perfumery

Perfume atau parfum, juga dikenal dengan pure perfume, merupakan wewangian yang mempunyai tingkat konsentrasi aroma tertinggi yaitu sebesar 15-40%. Wangi parfum dapat bertahan sangat lama, bahkan hingga 6-8 jam. Itu sebabnya parfum merupakan wewangian yang paling mahal harganya. Parfum cocok digunakan oleh orang yang kulitnya sensitif karena kandungan alkohol di dalamnya sedikit.

Eau de Perfume (EDP)

Foto: Amazon UK

Meski sama-sama mencantumkan “perfume“, tapi wewangian jenis ini kadar konsentrasi aromanya lebih sedikit dibanding parfum yaitu antara 15-20%. Karena konsentrasinya lebih sedikit dibanding parfum, maka wangi eau de perfume hanya bertahan 4-5 jam. EDP umumnya dianggap sebagai parfum malam hari.

Eau de Toilette (EDT)

FotoL Jean Marc Paris

Eau de Toilette merupakan jenis parfum yang umum ditemui. Tingkat konsentrasi aroma eau de toilette berkisar antara 5-15% saja. Lantaran kadar konsentrasi aromanya lebih rendah, maka EDT harganya lebih murah dibanding EDP. Wewangian ini dapat bertahan kira-kira 2-3 jam saja. Jika EDP merupakan parfum malam, maka EDT merupakan parfum siang hari atau untuk wewangian musim panas. Kata eau de toilette berasal dari istilah Prancis “fair sa toilette‘ yang berarti bersiap.

Eau de Cologne (EDC)

Foto: Brummells of London

Cologne mempunyai tingkat konsentrasi aroma yang kecil, berkisar 2-4%, dengan tingkat konsentrasi alkohol yang tinggi. Wangi cologne hanya bertahan 1-2 jam saja. Itu sebabnya cologne dibanderol dengan harga lebih murah. Cologne merupakan wewangian yang popular di kalangan pria. Cologne sendiri aslinya merujuk pada resep tradisonal yang menggunakan herbal dan citrus.

Eau Fraiche

Foto: Perfume Review

Mirip cologne, wangi eau fraiche juga bertahan sampai 2 jam saja. Wewangian ini mempunyai tingkat konsentrasi aroma terendah diantara semua jenis wewangian, hanya 1-3% saja. Eau fraiche memiliki tingkat konsentrasi aroma dan alkohol yang juga rendah. Jadi sebagian besar isi wewangian ini adalah air.

Untuk lebih memahami perbedaannya, silahkan lihat gambar di bawah ini!

Foto: Real Men Real Style, UK-TZ.com


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.