Now Reading:
Jangan Tergiur Iklan, Pilih Skincare yang Tepat Lewat Komposisinya
Full Article 3 minutes read

Jangan Tergiur Iklan, Pilih Skincare yang Tepat Lewat Komposisinya

iyaa.com | Jakarta: Semua perempuan tentunya menginginkan produk skincare terbaik untuk kulitnya. Review-review majalah atau beauty blogger pun sering jadi acuan dalam membeli skincare. Padahal tidak semuanya cocok untuk kamu.

Lebih baik kamu temukan sendiri produk yang tepat untuk kulitmu. Caranya dengan membaca komposisi yang terkandung dalam produk. Namun karena nama komposisinya tidak familiar, bagian komposisi produk akhirnya dilewati. Padahal dengan melihat komposisinya, kamu akan tahu produk tersebut aman untuk kulitmu atau tidak. Supaya kamu lebih paham, berikut cara mudah memahami komposisi sebuah produk dilansir dari Beauty Editor.

Produknya untuk area apa

Foto: Daily Beast

Produk yang dikhususkan untuk tubuh dan wajah perlu kamu perhatikan kandungannya. Lotion misalnya, kamu menggunakannya untuk tangan, kaki, dan seluruh tubuh bukan. Lotion digunakan dalam jumlah banyak dan untuk area yang luas juga, jadi perlu diperhatikan apakah komposisi kandungan di dalamnya baik untuk kulit. Begitu juga dengan wajah karena wajah jadi yang pertama terpapar sinar matahari.

Jangan termakan iklan

Foto: Cinq-Etoiles

Ini yang sering terjadi saat membeli produk, yaitu karena iklan. Iklan produk kecantikan biasanya mengklaim produknya dapat mengatasi berbagai masalah kulit, atau mencantumkan ‘dibuat dari bahan-bahan natural’, ‘dermatologist tested‘, atau ‘bebas paraben, alkohol,dll’. Mulai sekarang abaikan semua itu. Itu hanyalah strategi marketing saja. Lebih baik lihat langsung komposisinya.

Lihat 5 komposisi pertama

Foto: Indian Makeup and Beauty Blog

Komposisi kandungan dalam sebuah produk biasanya banyak. Kamu tidak perlu melihat semuanya, cukup lihat lima kandungan pertama saja. Lima kandungan tersebut merupakan kandungan yang dominan digunakan, yaitu sekitar 80%.

Periksa di situs khusus referensi ingredients

Komposisi sebuah produk dalam situs EWG’s Skin Deep Cosmetics Database | Foto: ewg.org

Kamu mungkin sudah melihat 5 kandungan pertama dalam komposisi produk. Masalahnya kamu tidak paham nama-nama tersebut dan kegunaannya. Soalnya nama-nama dalam kandungan skincare harus terdaftar sesuai dengan INCI (International Nomenclature of Cosmetic Ingredients). INCI merupakan sistem standarisasi nama yang mencakup istilah ilmiah, latin, dan bahasa Inggris.

Kamu coba perhatikan beberapa produk. Pasti ada yang ditulis ‘aqua‘ dan ada yang ditulis ‘water‘, atau juga istilah ‘Tocopherol‘ daripada ‘vitamin E’. Supaya kamu memahami kandungan yang tertera di sebuah produk, kamu dapat mengunjungi situs-situs seperti EWG Skin Deep Cosmetic Database, CosDNA, atau Cosmetic Ingredients.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.