Now Reading:
7 Bahan DIY untuk Skincare yang Sebenarnya Tidak Boleh Dipakai di Wajah
Full Article 3 minutes read

7 Bahan DIY untuk Skincare yang Sebenarnya Tidak Boleh Dipakai di Wajah

iyaa.com | Jakarta: Untuk mendapatkan kulit yang bagus tak jarang kamu melakukan perawatan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Tapi beberapa bahan yang kamu pakai sebenarnya tidak baik untuk wajah. Bahan-bahan apa saja yang berbahaya untuk kulitmu? Dilansir dari Style Caster, ini dia 7 bahan yang berbahaya dan tidak boleh dipakai di wajah.

1. Baking soda

Foto: Natural Daily

Bahan yang satu ini dipercaya sebagai eksfoliator alami. Tapi sebenarnya kamu tidak boleh loh menggunakan baking soda secara langsung ke wajah. PH alami kulit sekitar 4,5-5, sementara baking soda yang merupakan super alkalin kandungan pH-nya mencapai 9. Artinya pH baking soda yang tinggi dapat merusak penghalang alami kulitmu. Sekali pemakaian sudah dapat membahayakan kulit, apalagi dalam jangka panjang. Kulit dapat kehilangan kelembapan alaminya.

2. Lemon

Foto: Healthline

Kalau pH baking soda mencapai 9, maka skala pH lemon hanya 2. Artinya dengan pH rendah, yang dominan di lemon adalah asam. Menggunakan lemon asli seara langsung ke wajah menyebabkan lapisan asam kulit terganggu dan menyebabkan iritasi. Selain itu minyak di buah sitrus lainnya juga bersifat phototoxic, yang artinya mereka dapat menyebabkan ruam dan luka bakar apabila kamu terpapar sinar matahari setelah menggunakannya.

3. Pasta gigi

Foto: Covington Smiles

Kamu pasti pernah mendengar atau membaca kalau pasta gigi dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Kalau kamu pernah mendengar, atau bahkan melakukannya, lebih baik hindari pasta gigi untuk wajah. Selain tidak berpengaruh apapun, pasta gigi juga penuh dengan bahan-bahan yang dapat mengiritasi seperti peppermint, peroxide, fragrances, dan alkohol.

4. Air panas

Foto: Coin Desk

“Mencuci wajah dengan air panas dapat membuka pori-pori”, kamu pernah dengar pernyataan itu bukan? Padahal air panas dapat menghilangkan lapisan kelembapan kulit alami kamu, bahkan juga menyebabkan iritasi.

5. Gula

Foto: Chris Kresser

Kamu menggunakan gula untuk eksfoliasi bibir bukan masalah. Yang jadi masalah kalau kamu pakai di wajah. Butiran kristal gula terlalu abrasif untuk wajah, yang mana menyebakan iritasi, peradangan, dan kemerahan. Scrub gula yang ada di drugstore juga sebenarnya masih terlalu keras untuk kulit.

6. Body lotion

Foto: Beauti Secrets

Yang namanya body lotion tentu hanya diperuntukkan untuk melembapkan tubuh saja, bukan untuk wajah. Ditambah lagi body lotion juga memiliki kandungan fragrance cukup tinggi, yang berpotensi menyebabkan iritasi dan bersifat comedogenic kalau dipakai di wajah.

7. Hairspray

Foto: Aol.com

Kamu mungkin merasa aneh kok hairspray dipakai untuk muka. Tapi faktanya beberapa orang menggunakan hairspray sebagai makeup setting spray loh. Penggunaan hairspray untuk setting makeup padahal dapat menyebabkan komedo karena bahan hairspray dapat menyumbat pori-pori. Selain itu hairspray juga membuat kulit jadi kering lantaran kandungan alkohol yang banyak di dalamnya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.