Now Reading:
Mitos dan Fakta Menarik Seputar Pori-Pori Kulit
Full Article 2 minutes read

Mitos dan Fakta Menarik Seputar Pori-Pori Kulit

iyaa.com | Jakarta: Punya pori-pori besar terkadang membuat perempuan gak pede dengan penampilannya. Beragam produk yang mengklaim dapat mengecilkan pori-pori pun dibeli supaya tampilan pori-pori yang besar jadi mengecil.

Tapi apa benar pori-pori bisa mengecil? Itu mitos belaka atau ternyata fakta? Dilansir Birchbox, ini dia fakta sebenarnya dibalik pori-pori kulit.

1. Mitos: Pori-pori dapat membuka dan menutup
Fakta: Kamu pasti pernah mencuci muka atau menguapkan wajah dengan air hangat supaya pori-porimu terbuka, lalu membilasnya dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kan. Rupanya hal tersebut merupakan kesalahpahaman belaka.

Pori-pori tidak dapat membuka dan menutup layaknya pintu hanya karena air hangat dan air dingin. Faktanya adalah menguapkan atau mencuci wajah dengan air hangat mengeluarkan sebum yang terperangkap di dalam pori-pori. Saat sebum sudah dibersihkan maka tampilan pori-pori pun nampak lebih kecil (bukan mengecil ya).

2. Mitos: Pori-pori dapat mengecil
Fakta: Belakangan ini banyak bermunculan produk skincare yang mengklaim dapat mengecilkan pori-pori. Padahal ukuran pori-pori itu tergantung dari gen kamu sendiri. Orang dengan kulit berminyak atau darker skin, biasanya ukuran pori-porinya lebih terlihat. Sementara yang punya fair-skin, ukuran pori-porinya biasanya tidak terlihat.

Seperti yang sudah disebut di atas, kamu hanya bisa meminimalkan tampilannya. Caranya kamu perlu mencuci wajah dengan benar dan melakukan eksfoliasi. Soalnya sel kulit mati, penumpukan sebum, serta sisa makeup dapat menggelapkan pori-pori dan menyebabkan tampilannya jadi lebih besar.

3. Mitos: Pori-pori semakin besar seiring bertambah usia
Fakta: Kalau yang satu ini merupakan fakta. Seiring bertambah usia, kulit akan terus kehilangan kolagen. Kolagen berfungsi untuk mengencangkan kulit, jadi kalau kulit kehilangan kolagen maka kulit jadi mengendur dan meregang. Begitu juga dengan pori-pori. Selain hilangnya kolagen, pori-pori juga dapat kehilangan bentuk kalau kamu punya kebiasaan memencet jerawat.


1 comment

  • Bukan di Bawah Shower, Ini Tempat Paling Pas untuk Mencuci Muka – media.iyaa.com

    […] air yang tepat untuk membersihkan wajah adalah suam-suam kuku. Sayangnya masih banyak yang percaya mitos kalau mencuci muka yang baik adalah dengan air panas lalu dibilas air dingin untuk membersihkan […]

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.