Now Reading:
Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Kulit, Perokok Aktif Harap Waspada
Full Article 2 minutes read

Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Kulit, Perokok Aktif Harap Waspada

iyaa.com | Jakarta: Yakin perawatan wajahmu sudah lengkap dan teratur? Jika perawatan wajahmu sudah teratur namun masih saja alami kulit kering, meradang atau bahkan muncul kerutan halus di wajah, itu tandanya ada beberapa kebiasaan buruk yang masih saja kamu lakukan.

Apa saja sih kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa disadari? Berikut lima kebiasaan buruk yang dapat merusak kulitmu dilansir dari Harper’s Bazaar Indonesia:

1. Pola makan kurang sehat
Mengkonsumsi camilan manis atau refined carbs seperti pasta ternyata dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Salah satunya keriput. Biasakan memakan buah dan sayur dan juga whole grain sebagai anti-aging alami wajahmu.

2. Eksfoliasi pada kulit yang mengelupas
Hati-hati pada saat mengeksfoliasi sel kulit mati menggunakan scrub secara berlebihan. Wajah yang nampak bersisik atau terkelupas menandakan gejala kekeringan.

Foto: Beauty Journal Sociolla

Produk eksfoliasi yang cenderung abrasif malah berpotensi menurunkan kelembapan kulit. Oleskan terlebih dahulu krim dengan kandungan gliserol serta lotion bebas pewangi ke seluruh permukaan tubuh.

3. Memakai obat jerawat berformula terlalu keras
Bahan aktif benzoyl peroxide dan asam salisilat memang sangat ampuh mengatasi jerawat. TAPI, konsentrasi obat yang terlalu tinggi justru rentan menyebabkan iritasi kulit.

Foto: Shopback

Bahkan hal ini membuat kondisi wajah semakin parah terutama untuk kulit sensitif. Gunakan obat jerawat yang hanya mengandung 2,5% benzoyl peroxide untuk mengurangi resiko iritasi kulit.

4. Lupa memakai sunscreen
Jangan lewatkan ritual yang satu ini agar kulitmu tetap terawat. Gunakan sunscreen secara rutin setiap harinya. Ulangi penggunaan setelah berkeringat ataupun setelah beraktivitas outdoor seperti olah raga lari dan berenang.

5. Merokok
Mau awet muda dan tak ada keriput di wajah? Hindari merokok agar kulitmu tetap terjaga dan tak berkeriput.

Foto: Tribunnews

Nikotin mampu mengurangi pasokan aliran darah ke kulit yang dapat mengakibatkan kurangnya nutrisi serta oksigen. Perokok aktif biasanya miliki kompleksi wajah kusam dan berkeriput. Perbanyak asupan vitamin A dan C jika kamu merasa sulit untuk berhenti merokok.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.