Now Reading:
Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Produk Make Up?
Full Article 3 minutes read

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Produk Make Up?

iyaa.com | Jakarta: Dalam produk make up biasanya tertera tanggal kadaluarsa. Namun meski tanggal kadaluarsanya masih lama, kamu perlu mengetahui usia pakai setiap produk make up.

Ada produk yang harus diganti setiap enam bulan sekali. Ada pula yang bisa dipakai selama dua tahun. Berikut ini panduan waktu yang tepat mengganti produk make up, dilansir dari Boldsky.

1. Foundation
Foundation cair sebaiknya dipakai maksimal satu tahun. Sebab kondisinya yang basah bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri. Ketika usia foundation semakin tua, kosistensinya semakin tebal. Ini menandakan ada bakteri di foundation tersebut. Foundation akan semakin tebal di bagian mulut kemasan, karena area itu paling sering terpapar udara sehingga bakteri semakin banyak.

Untuk mencegah breakout dan iritasi kulit, gantilah foundation cairmu setiap 8 bulan atau setahun sekali. Hindari mencelupkan jari ke dalam foundation agar membuatnya tahan lama. Inilah sebabnya foundation dikemas dalam bentuk pump atau tube.

2. Maskara
Sadarkah kamu jika maskara yang kamu pakai semakin menebal, tak semulus saat pertama kali membelinya? Maskara yang cair, basah, dan berwarna hitam menjadi lingkungan yang sempurna untuk tumbuhnya bakteri.

Apalagi, maskara bersentuhan dengan mata yang sensitif dan mudah terinfeksi. Maka kamu harus mengganti maskara setiap 6 bulan sekali. Agar tak mubazir, sebaiknya belilah produk maskara berukuran kecil sehingga bisa habis dalam waktu tak lebih dari 6 bulan.

Foto: bestdiy.tips

3. Eyeshadow
Produk yang berbahan dasar bubuk tak mudah ditumbuhi bakteri seperti produk krim atau cair. Jadi, eyeshadow bisa dipakai selama maksimal tiga tahun! Tapi yang perlu diperhatikan, jangan lupa membersihkan kuas eyeshadow secara berkala.

4. Lipstick
Lipstick sebaiknya diganti setahun sekali. Sebab lipstick akan semakin kering bila semakin lama dipakai.

5. Skincare
Kebanyakan produk skincare punya usia pakai yang lama. Beberapa produk seperti krim wajah bisa dipakai selama 2 tahun. Tapi hati-hati dengan krim mata. Sebaiknya ganti krim mata setiap 6 bulan sekali agar bagian bawah mata tidak terkena bakteri, apalagi posisinya yang dekat dengan mata.

Foto: pinterest

6. Concealer
Jika kamu menggunakan concealer dalam bentuk pan, dan menggunakan jari untuk mengaplikasikannya, concealer perlu diganti setiap 6 bulan sekali. Tapi jika kamu menggunakan kuas, concealer bisa dipakai selama 8 bulan.

7. Blush dan Bronzer
Karena produk ini berbahan dasar bubuk, blush dan bronzer bisa dipakai selama dua tahun. Namun pastikan kamu menggunakan kuas bersih untuk mencegah breakout.

8. Eyeliner
Eyeliner berbentuk gel dan cair yang diaplikasikan dengan kuas sebaiknya diganti setiap 6 bulan sekali.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.