Now Reading:
Sepele Banget, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Merusak Rambutmu
Full Article 2 minutes read

Sepele Banget, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Dapat Merusak Rambutmu

iyaa.com | Jakarta: Rambut yang indah tentu jadi dambaan banyak wanita. Namun karena beberapa faktor, seperti cat rambut, paparan sinar UV, atau mencatok, membuat rambut indah yang kita inginkan tinggal kenangan.

Tapi apa kamu tahu, mencatok atau mengecat rambut bukan satu-satunya yang dapat merusak rambut. Kegiatan sepele yang kamu lakukan ternyata juga merupakan penyebab rambutmu rusak loh. Dilansir dari Daily Vanity, 5 kebiasaan ini ternyata dapat merusak rambutmu.

1. Keramas terlalu sering

Foto: All Things Hair

Keramas baik untuk membersihkan rambut dan kulit kepala, apalagi untuk kamu yang bekerja di luar ruangan. Tapi kalau berlebihan bukannya baik untuk rambut justru dapat merusak kesehatan rambut serta kulit kepala. Mencuci rambut setiap hari menyebabkan minyak alami rambut dan kulit kepala hilang, yang mana dapat menimbulkan iritasi.

2. Mengeringkan rambut dengan handuk

Foto: Ion at Home

Setelah keramas tentu air dari rambut masih menetes. Pasti kamu pernah kan menggosok rambut agar air terserap dan rambut cepat kering. Kebiasaan ini rupanya tidak baik. Gesekan yang ditimbulkan saat mengeringkan rambut dapat menebalkan kutikula rambutmu. Kutikula rambut yang tebal memberi penampilan rambut yang kusam serta frizzy.

3. Sering kena panas

Foto: Medium

Sering berada di bawah sinar matahari atau selalu menggunakan alat pemanas rambut (catokan, hairdryer, dll), ternyata menjadi penyebab pertama rambutmu rusak. Perubahan suhu yang tiba-tiba mempengaruhi bentuk helai keratin rambut kamu.

4. Tidur atau menyisir saat rambut masih basah

Foto: Video Blocks

Saat rambut basah helaian rambut lebih rapuh dan rentan patah. Jadi kalau kamu menyisir rambut saat basah pasti kamu akan menemukan beberapa helai rambutmu tersangkut di sisir, walaupun kamu tidak punya masalah rambut rontok. Kalau kamu tidak ingin rambut kusut setelah keramas, sebaiknya menyisir rambut sebelum hendak keramas. Jangan di sisir setelahnya.

5. Berenang di air yang mengandung klorin

Foto: Wave Leisure

Kamu yang hobi berenang perlu ekstra banget nih untuk merawat rambut. Soalnya air kolam renang mengandung klorin dan copper algaecide, yang mana dapat merusak rambut. Klorin menyebabkan kutikula rambut menjadi rusak, sementara copper algaecide dapat mengubah warna rambut alami kamu. Kalau kamu hobi berenang sebaiknya pakai swin cap agar rambut terlindungi.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.