Now Reading:
Atasi Jerawat dengan Tea Tree Oil, Ini Kelebihan dan Kekurangannya
Full Article 2 minutes read

Atasi Jerawat dengan Tea Tree Oil, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

iyaa.com | Jakarta: Salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengatasi jerawat adalah tea tree oil. Maka tak heran banyak produk skincare khusus untuk kulit berjerawat yang mencantumkan tea tree oil dalam ingredients-nya.

Namun sesuatu hal tentu punya kelebihan dan kekurangan bukan. Sama halnya dengan tea tree oil. Dilansir dari Daily Vanity, berikut kelebihan dan kekurangan tea tree oil, serta beberapa cara menggunakannya.

Kelebihan

Foto: Huffington Post

Tea tree oil punya sifat antibakteri, antimikroba, antiseptik, antivirus, balsamik, ekspektoran, stimulan, dan masih banyak lagi. Semua kandungan tersebut akan membantu melawan Propionibacterium acnes (P. acnes), bakteri penyebab jerawat, melegakan pori-pori, mempercepat proses penyembuhan, serta menghilangkan bekas noda jerawat yang tertinggal.

Kekurangan

Foto: Birthorderplus

Cocok-cocokkan. Meski merupakan bahan alami, bukan berarti tea tree oil langsung cocok di kulitmu. Itu sebabnya kamu perlu melakukan uji coba dulu sebelum memakainya agar kamu tahu apakah kulitmu alergi dengan kandungan ini atau tidak.
Membuat kulit sensitif. Tea tree oil berpotensi membuat kulit jadi lebih sensitif. Jadi gunakan secukupnya saja, hanya di area berjerawat dan jangan di seluruh wajah. Jangan lupa juga untuk selalu memakai sunblock sebelum pergi.
Beracun kalau tertelan. Tea tree oil hanya digunakan untuk obat luar. Jadi jangan sampai tertelan karena tea tree oil beracun.

Cara menggunakan

Foto: Women Ideas

Sebagai spot treatment: Tuangkan beberapa tetes tea tree oil ke kapas atau korek kuping dan totolkan langsung ke jerawat.
Sebagai campuran pelembap: Ini cara yang direkomendasikan Paula Choice. Tuang beberapa tetes tea tree oil dan campurkan dengan pelembap bertekstur ringan. Lalu aplikasikan pada wajah.
Campur dengan air: Kamu dapat mencampur beberapa tetes tea tree oil dengan air, lalu cipratkan ke wajah sebagai penutup cleansing routine kamu.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.