Now Reading:
9 Faktor Ini Ternyata Jadi Penyebab Kulitmu Terus Berminyak, Nomor 8 Bikin Kaget!
Full Article 3 minutes read

9 Faktor Ini Ternyata Jadi Penyebab Kulitmu Terus Berminyak, Nomor 8 Bikin Kaget!

iyaa.com | Jakarta: Kulit punya beberapa tipe, salah satunya adalah kulit berminyak.

Kulit berminyak disebabkan karena produksi sebum yang berlebih dari kelenjar sebacous kamu. Sebum yang berlebih memang menyebalkan karena dapat menimbulkan masalah kulit seperti jerawat, pori-pori tersumbat, whitehead, dll. Tapi bukan berarti sebum tidak punya manfaat ya.

Kamu sudah menggunakan produk khusus untuk mengontrol produksi sebum, tapi kulitmu masih terasa berminyak. Mungkin kulitmu terus memproduksi sebum karena beberapa alasan ini. Dilansir dari Female, berikut merupakan 9 faktor mengapa kulitmu terus berminyak.

1. Hormon

Foto: Live About

Perubahan hormon rupanya berpengaruh terhadap produksi sebum di kulitmu loh. Kalau kamu merasa kulitmu tambah berminyak, mungkin saja kamu sedang memasuki siklus menstruasi kamu.

2. Skincare yang tidak tepat

Foto: Gravita Magazine

Produk yang tidak cocok di kulitmu rupanya juga dapat memicu kulit jadi berminyak dan berjerawat. Begitu juga dengan cleanser yang berbahan keras. Cleanser tersebut dapat mengangkat kelembapan kulit, sehingga membuat kelenjar sebacous memproduksi sebum lebih banyak.’

3. Gen

Foto: Cleure

Faktor genetika juga bisa membuat kulitmu berminyak loh ladies. Kalau orang tua kamu dulu tipe kulitnya berminyak, maka kemungkinan besar kamu juga punya tipe kulit berminyak.

4. Makanan

Foto: Natural Cave

Makanan berminyak juga jadi tersangka utama masalah kulit berminyakmu loh. Gak hanya itu, produk dari susu pun juga dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Makanan tersebut mempunyai kandungan hormon testosterone yang dapat menyebabkan wajah terasa greasy dan pori-pori tersumbat.

Selain itu kandungan gula dalam makanan olahan susu juga meningkatkan indeks glikemik, yang mana dapat memicu kelenjar sebacous memproduksi minyak lebih banyak.

5. Stress

Foto: Welldoing

Stress juga merupakan faktor penyebab mengapa kulitmu semakin berminyak. Saat kamu stress, kamu akan melepaskan hormon yang dikenal dengan nama cortisol spikes yang mana meningkatkan produksi minyak.

Melonjaknya kadar kortisol menyebabkan otak berpikir bahwa tubuh butuh tenaga lebih. Itu sebabnya saat stress beberapa orang menjadikan makanan sebagai pelampiasan. Makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuhmu itulah yang nanti memicu kulitmu jadi berminyak.

6. Makeup berlebihan

Foto: Reader’s Digest

Kadang perempuan menggunakan makeup untuk menutupi kekurangannya. Pemakaian makeup yang sering bisa menyumbat pori-pori kamu. Kalau pekerjaan kamu mengharuskan untuk menggunakan makeup, maka gunakan produk makeup yang non-comedogenic.

7. Lingkungan

Foto: DNA India

Lingkungan juga jadi faktor penyebab mengapa kulitmu semakin berminyak, apalagi kalau kamu tinggal di kota besar. Polusi, debu, juga ruangan ber-AC dapat menyebabkan kelenjar sebacous kamu bekerja lebih keras dan memproduksi minyak lebih banyak.

8. Obat-obatan

Foto: Financial Tribune

Kulitmu sebelumnya bukan tipe kulit berminyak. Tapi tiba-tiba kulitmu jadi berminyak! Itu terjadi mungkin karena kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti pil kontrasepsi atau obat hormonal. Obat-obatan tersebut rupanya memicu produksi minyak di kulitmu.

9. Usia

Foto: Steemit

Setiap tahapan usia akan mempengaruhi kondisi kulitmu juga. Androgen, hormon yang bertanggung jawab memproduksi minyak, akan berubah-ubah saat kamu melewati fase pubertas, kehamilan, serta menopause. Seiring bertambahnya usia kamu, produksi minyak di wajah juga akan menurun.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.