Now Reading:
Awas…Bulu Mata dan Alis Bisa Berketombe! Begini Cara Mengatasinya (Bag. 1)
Full Article 3 minutes read

Awas…Bulu Mata dan Alis Bisa Berketombe! Begini Cara Mengatasinya (Bag. 1)

iyaa.com | Jakarta: Ketombe jadi salah satu masalah yang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Itu sebabnya diciptakan produk perawatan rambut yang khusus untuk mengatasi masalah ketombe. Tapi apa jadinya kalau yang berketombe adalah alis dan bulu mata?

Fyi, alis dan bulu mata bisa berketombe loh sama seperti rambut. Meski gak berbahaya, tapi tetap saja mengganggu penampilan bukan. Tapi tidak perlu khawatir, 10 perawatan ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ketombe di alis dan bulu mata kamu. Sebelum masuk ke cara mengatasinya, yuk ketahui dulu penyebab alis dan bulu mata kamu bisa berketombe.

Dilansir dari Style Craze, ada 2 penyebab mengapa ketombe ada di alis dan bulu matamu yaitu Blepharitis dan Seborrheic dermatitis. Blepharitis merupakan peradangan di kelopak mata yang disebabkan bakteri/infeksi jamur, mata kering, disfungsi kelenjar meibomian, atau kutu/tungau di bulu mata. Ketombe di bulu mata umumnya disertai dengan rasa terbakar, iritasi, dan grittiness di mata.

Foto: NHS Choice

Sementara Seborrheic dermatitis merupakan kondisi peradangan kulit yang kronis yang penyebabnya belum diketahui. Kondisi ini ditandai dengan serpihan ketombe putih atau kekuningan yang muncul di bulu mata, alis, belakang telinga, dan beberapa bagian tubuh.

Meski kelihatannya mengerikan, tapi kondisi ini tidak berbahaya. Kamu dapat menghilangkan ketombe tersebut dengan mudah di rumah. Ini dia 10 cara untuk mengatasi ketombe di alis dan bulu mata kamu.

1. Sabun yang mengandung zinc

Foto: Amazon

Cara pertama untuk mengatasi ketombe di bulu mata atau alis adalah dengan sabun yang mengandung zinc. Sabun ini akan bekerja untuk mengurangi kemerahan, serta iritasi akibat ketombe di bulu mata. Sabun ini juga nantinya akan memberikan efek melembutkan.

Kamu hanya perlu membasahi sabun tersebut lalu gosokkan perlahan hingga berbusa. Tutup matamu lalu sapukan sabun ke area alis dan bulu mata dengan perlahan. Setelahnya bilas dengan bersih. Lakukan hal ini dua kali sehari.

2. Shampoo bayi

Foto: The Sunday Girl

Produk untuk bayi tidak memiliki kandungan yang keras serta non-iritasi, jadi kamu bisa mengatasi masalah ketombe dengan shampoo bayi. Shampoo bayi dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat, serta membersihkan minyak yang menumpuk di garis bulu mata dan alis yang merupakan penyebab inflamasi.

Kamu perlu menyiapkan shampoo bayi, segelas air, dan pembersih kuping. Keluarkan sedikit shampoo bayi ke segelas air lalu aduk. Masukkan pembersih kuping ke campuran tadi. Sebelum mengoleskan cairan tadi, basahi mata lebih dulu dengan air hangat. Tutup mata, lalu tahan kelopak mata dengan satu tangan, kemudian totolkan pembersih kuping tadi ke garis bulu mata dan alis beberapa kali. Diamkan beberapa detik, lalu bilas.

3. Almond oil

Foto: Healthline

Almond oil dapat dipakai untuk mengatasi masalah rambut. Begitu juga dengan alis dan bulu mata. Minyak ini bekerja sebagai emolien yang membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati di sekitar mata. Ditambah lagi, almond oil juga akan memelihara dan melembapkan folikel rambut, jadi akan merangsang pertumbuhan alis dan bulu mata yang baru.

Kamu hanya perlu satu sendok makan almond oil untuk mengatasi ketombe ini. Tuangkan 1sdm almond oil ke wadah, lalu hangatkan beberapa detik. Baluri (sambil di massage) minyak ini ke alis dan bulu mata sebelum tidur, diamkan semalaman. Lalu cuci dengan air dingin keesokan paginya. Lakukan cara ini setiap hari.


1 comment

  • Awas…Bulu Mata dan Alis Bisa Berketombe! Begini Cara Mengatasinya (Bag. 2) – media.iyaa.com

    […] | Jakarta: Tidak hanya rambut, ketombe juga bisa hadir di alis dan bulu mata kamu loh. Di bagian pertama, sudah dibahas mengenai penyebab ketombe di alis dan bulu mata. Sekarang mari kita lanjutkan […]

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.