Now Reading:
Awas…Bulu Mata dan Alis Bisa Berketombe! Begini Cara Mengatasinya (Bag. 2)
Full Article 4 minutes read

Awas…Bulu Mata dan Alis Bisa Berketombe! Begini Cara Mengatasinya (Bag. 2)

iyaa.com | Jakarta: Tidak hanya rambut, ketombe juga bisa hadir di alis dan bulu mata kamu loh. Di bagian pertama, sudah dibahas mengenai penyebab ketombe di alis dan bulu mata. Sekarang mari kita lanjutkan pembahasan mengenai cara mengatasinya ladies!

4. Tea Tree Oil

Foto: Wikimedia Commons

Salah satu penyebab ketombe di alis atau bulu mata adalah jamur yang bernama Malassezia. Minyak pohon teh rupanya punya kemampuan untuk menghilangkan jamur ini, yang mana menyebabkan ketombe di alis dan bulu mata.

Cara mengatasi ketombe dengan tea tree oil cukup mudah. Yang kamu butuhkan hanya 1sdm tea tree oil dan bola kapas. Tuang minyak ini ke wadah kaca lalu hangatkan beberapa detik di microwave. Setelah hangat, celupkan kapas ke dalamnya dan aplikasikan ke alis dan bulu mata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kamu dapat melakukan cara ini 3x sehari.

5. Kompres hangat

Foto: diy Health Remedy

Sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu tampilan ketombe di alis atau bulu mata adalah iritasi dan kemerahan. Untuk mengatasinya iritasi serta kemerahan ini kamu hanya perlu mengompresnya dengan handuk/lap hangat selama 15 menit. Cara ini bisa kamu lakukan setiap hari.

6. Olive oil

Foto: Medical News Today

Kulit yang dehidrasi dapat menyebabkan ketombe di alis dan bulu mata kamu ladies. Itu sebabnya kamu memerlukan pelembap untuk mengatasinya. Caranya ya dengan menggunakan olive oil. Minyak yang satu ini punya kemampuan untuk menghidrasi kulit, termasuk di area alis dan bulu mata yang berketombe.

Kamu hanya perlu menyiapkan 1sdm olive oil, air hangat, dan handuk/lap. Pertama hangatkan olive oil di microwave. Lalu pijat alis dan bulu mata dengan minyak ini. Kemudian rendam lap/handuk dengan air hangat dan letakkan di mata selama 15 menit. Setelah 15 menit, cuci dengan air hangat. Kamu bisa melakukan perawatan ini setiap hari.

7. Gel lidah buaya

Foto: Live Strong

Gel lidah buaya termasuk salah satu bahan yang dapat mengatasi ketombe. Jadi ketombe di alis dan bulu matamu bisa juga diatasi dengan aloe vera gel. Tidak hanya dapat menyingkirkan jamur/bakteri penyebab ketombe, gel lidah buaya juga akan menenangkan iritasi serta kemerahan. Gel lidah buaya juga dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut.

Cara mengatasi ketombe alis dan bulu mata dengan gel lidah buaya sangat mudah. Kamu hanya perlu menutup mata dan tahan kelopak mata dengan satu tangan. Setelahnya aplikasikan beberapa aloe vera gel dengan bantuan bola kapas di area garis bulu mata dan alis. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari.

8. Garam

Foto: Reader’s Digest

Mengatasi ketombe dengan garam kelihatannya ide yang cukup aneh. Meski terdengar aneh, garam rupanya mampu mengatasi ketombe di bulu mata. Garam mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat, menyerap kelebihan minyak di area bulu mata dan alis, serta mencegah infeksi jamur.

Yang kamu perlukan adalah garam dan seperempat gelas air. Campur keduanya dan aduk hingga larut. Kemudian tutup mata kamu dan balurkan larutan tadi ke garis bulu mata dan alis. Lalu eksfoliasi perlahan dengan jari kamu. Kalau sudah bilas dengan air dingin. Kamu bisa melakukan treatment ini setiap hari.

9. Jus lemon

Foto: Sixty and Me

Jus lemon punya kandungan asam sitris dimana dapat menyingkirkan infeksi jamur yang jadi penyebab ketombe. Jadi kamu bisa menggunakannya untuk mengenyahkan ketombe di alis atau bulu mata kamu. Yang kamu butuhkan hanya 1sdm jus lemon, seperempat gelas air, dan bola kapas.

Campurkan jus lemon dan air. Tutup matamu lalu aplikasikan larutan keduanya ke garis bulu mata dan alis dengan bantuan bola kapas. Tetap tutup mata kamu selama 5 menit, baru bilas dengan air dingin. Untuk mengatasi ketombe alis dan bulu mata, cara ini bisa kamu lakukan setiap hari.

10. Petroleum Jelly

Foto: Boxed

Sama seperti olive oil, kamu dapat melembapkan kulit di area bulu mata dan alis dengan petroleum jelly. Karena sudah disebut tadi, dehidrasi merupakan penyebab ketombe muncul. Jadi kalau kamu tidak punya olive oil, kamu bisa menggunakan petroleum jelly untuk mengatasi masalah ketombe.

Kamu hanya perlu mengoleskan sedikit petroleum jelly ke garis bulu mata dan alis sebelum tidur. Kemudian diamkan semalaman. Keesokan paginya bilas dengan air hangat.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.