Now Reading:
Digunakan di Produk Skincare, Ini 5 Asam yang Baik untuk Kulitmu
Full Article 3 minutes read

Digunakan di Produk Skincare, Ini 5 Asam yang Baik untuk Kulitmu

iyaa.com | Jakarta: Kalau kamu memperhatikan komposisi produk skincare, kamu pasti akan menemukan beberapa “acids” di ingredients sebuah produk. Tapi apa kamu tahu manfaat asam tersebut untuk kulitmu?

Apa asam tersebut cocok dengan jenis kulitmu? Yuk kita cari tahu selengkapnya! Dilansir dari Femina India, ini 5 asam baik untuk kulit yang terdapat di produk skincare kamu.

Salicylic acid

Foto: Get Gawjus

Kalau tipe kulit kamu acne-prone, kamu wajib mencari produk yang punya kandungan asam ini. Salicylic acid mempunyai kemampuan anti-bacterial, anti-inflammatory serta eksfoliasi. Dengan kemampuan eksfoliasinya, maka salicylid acid akan menghilangkan kulit mati yang menumpuk di wajah, yang mana nantinya juga dapat membersihkan pori-pori tersumbat serta komedo.

Selain tipe kulit acne-prone, asam ini juga jadi sahabat kulit berminyak dan kombinasi.

Hyaluronic acid

Foto: Peach and Lily

Satu molekul single dari asam ini dapat menahan berat 1000 kali pelembap. So, hyaluronic acid ini bisa jadi sahabat kamu pemilik kulit kering. Asam ini punya sifat humektan, jadi begitu diaplikasikan ke kulit maka asam ini akan langsung mengambil kelembapan di sekitarnya, menangkapnya, dan mengantarkan ke kulit. Asam ini membantu membuat kulit nampak kenyal serta mengurangi tampilan garis halus.

Asam ini tidak hanya bisa digunakan pemilik kulit kering, tapi juga kamu yang kulitnya dehidrasi. Selain itu kulit acne-prone pun juga bisa menggunakannya dalam bentuk produk yang bebas minyak alias oil-free.

Glycolic acid

Foto: Shapaology

Asam yang satu ini akan membawa kulit kamu ke level yang baru. Glycolic acid akan bekerja perlahan menghilangkan sel kulit mati, karena formulanya lebih lembut dibandingkan eksfoliator. Selain itu asam ini juga membantu mencerahkan pigmentasi kulit, mengurangi tampilan garis halus, dan meningkatkan tekstur kulit.

Asam ini sangat cocok untuk pemilik kulit berminyak dan acne-prone, tapi semua tipe kulit juga cocok dengan asam ini.

Lactic acid

Foto: Beautiful with Brains

Senyawa asam ini berasal dari susu dan mempunyai kemampuan melembapkan. Selain itu lactid acid juga punya sifat eksfoliasi yang lebih ringan dibandingkan glycolic acid. Asam ini bekerja mengurangi hyper-pigmentasi dan garis-garis halus. Lactic acid sangat cocok untuk kulit yang sensitif.

Ascorbic acid

Foto: Sephora Australia

Dibandingkan empat asam sebelumnya, kamu mungkin tidak begitu familiar dengan asam yang satu ini. Tapi kamu pasti familiar dengan vitamin C bukan. Jadi ascorbic acid merupakan nama lain dari vitamin C.

Vitamin C punya sifat antioksidan yang kuat yang dapat mengurangi garis halus dan mencerahkan noda hitam di wajah. Oleh karena itu, asam ini cocok dengan tipe kulit apa pun.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.