Now Reading:
Kulit Bisa Rusak karena Sering di Ruangan Ber-AC, Bener Gak Sih?
Full Article 2 minutes read

Kulit Bisa Rusak karena Sering di Ruangan Ber-AC, Bener Gak Sih?

iyaa.com | Jakarta: Habis panas-panasan di luar tentunya bikin kita pengen cepat-cepat mendinginkan diri alias ngadem bukan. Masuk ke ruangan ber-AC (air conditioner) sering jadi solusinya. Tapi banyak yang bilang kalau AC dapat merusak kulit. Bener gak sih? Yuk, kita cari tahu!

Ternyata omongan tersebut benar ladies. Dilansir Femina India, perubahan suhu yang ekstrem secara tiba-tiba dari panas ke ruangan dingin dapat membuat tubuh stress dan juga mempengaruhi kulit wajah.

AC bekerja dengan mengambil kelembapan dari udara di sekitarnya. Sayangnya benda elektronik tersebut tidak pilih-pilih saat mengambil kelembapan di sekitarnya. Selain udara, AC ternyata juga mengambil kelembapan kulitmu. Itulah yang menyebabkan kulitmu terasa kering dan stretchy. Udara dari AC juga dapat memperparah kamu yang menderita eczema, psoriasis dan rosacea ladies. AC yang tidak dirawat juga dapat membuat kita sakit karena menyebarkan pertumbuhan bakteri.

Kalau kamu sering beraktivitas di ruangan ber-AC, kamu bisa melindungi kulit dari beberapa bahaya tadi dengan cara berikut ini.

Minum banyak air atau yang lainnya untuk membuat tubuh terhidrasi

Foto: Healthline

Minum air minimal 8 gelas setiap harinya. Kalau kamu tidak terlalu suka air putih, ganti dengan minum jus sayuran, jus buah (tanpa gula), atau air kelapa.

Sediakan facial mist atau facial oil di meja

Foto: Kikay Departement

Untuk menghindari kulit kering akibat AC, selalu semprotkan face mist atau gunakan face oil. Satu tips penting, face oil lebih dapat menghidrasi kulit lebih baik, tapi perlu diingat gunakan secukupnya saja. Kamu tidak mau kan wajah malah jadi kilang minyak.

Sering keluar dari ruangan ber-AC

Foto: 9Coach

Kulit punya kemampuan adaptasi yang tinggi. Jadi kalau kamu keluar ruangan ber-AC, kulit akan mengikuti suhu ruangan di luar. Cara ini dapat mengatasi efek kering pada kulit akibat AC.

Gunakan humidifier (pelembap udara)

Foto: YouTube Verlo Mattress

Sebaiknya sediakan humidifier kalau kamu berada di ruangan ber-AC dalam waktu lama. Tapi karena humidifier harganya mahal, maka jarang orang yang mempunyai alat ini. Sebagai solusinya, kamu bisa meletakkan ember berisi air dekat dengan AC. Air tersebut nantinya akan menguap dan mempertahankan kelembapan di udara.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.