Now Reading:
Jangan Asal Pencet Jerawat, Kenali ‘Segitiga Kematian’ di Wajah
Full Article 2 minutes read

Jangan Asal Pencet Jerawat, Kenali ‘Segitiga Kematian’ di Wajah

iyaa.com | Jakarta: Jerawat di wajah memang sangat mengganggu. Kita pun memilih untuk memencetnya demi menyingkirkan jerawat dengan cepat.

Cara ini tidak tepat lantaran bisa meninggalkan noda hitam atau membuat kulit rusak. Lebih dari itu, memencet jerawat juga bisa menyebabkan kematian. Apalagi jika memencet jerawat yang ada di area segitiga kematian.

Segitiga kematian merupakan area di sudut bibir hingga di antara alis. Di area ini terdapat cavernous sinus, yang menampung saraf dan pembuluh darah penting yang membawa darah kembali ke otak.

Foto: beautyonfleeck.com

Jika permukaan kulit terinfeksi, infeksinya bisa menyebar, meresap ke dalam pembuluh darah. Yang terburuk, hal ini bisa menyebabkan cavernous sinus thrombosis atau penggumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah, stroke, atau kematian.

“Jika ada jerawat di area ini, jerawat ini sangat dekat jaraknya dengan cavernous sinus,” kata Sandra Lee atau Dr. Pimple Popper, dermatologis asal Los Angeles, dikutip dari Allure. “Jika peradangan jerawat menyebar, bisa berpotensi kebutaan dan stroke.”

Namun segitiga kematian tak seseram kedengarannya. Sebab jerawat bisa diatasi dengan mudah.

“Kini dengan antibiotik, kita tidak membiarkan infeski sampai ke tingkat itu,” kata Sandra Lee. “Jelas jika jerawat membesar dan menyebabkan masalah, Anda harus segera menemui dematologis atau dokter. Dan sangat mudah mengobati infeksi seperti ini dengan antibitotik oral,” lanjutnya.

Jadi bila ada jerawat di segitiga kematian atau di area wajah lain, jangan asal pencet. Bahkan meskipun kamu mencuci tangan terlebih dahulu. Memencet jerawat hanya akan memperparahnya dan menyebarkan bakteri di wajah. Baiknya oleskan obat jerawat atau temui dokter untuk penanganan yang tepat.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.