Now Reading:
Ingin Kulit Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 8 Makanan Ini
Full Article 3 minutes read

Ingin Kulit Sehat dan Cerah? Yuk, Konsumsi 8 Makanan Ini

iyaa.com | Jakarta: Untuk memperoleh kulit yang sehat dan cerah tak hanya diperoleh dengan rutin memakai skincare. Namun asupan makanan juga perlu diperhatikan.

Dilansir dari Vogue, menurut pakar nutrisi Los Angeles Kimberly Snyder, ada beberapa makanan yang mampu membuat kulit lebih sehat serta cerah dalam waktu singkat.

1. Lemon
Snyder menyarankan untuk memulai hari dengan air panas dan lemon. “Ini bisa mendetoksifikasi tubuh dengan membantu sistem pencernaan dan liver membuang racun dengan cepat,” katanya. Minuman ini bisa dikonsumsi sepanjang hari atau peras lemon di atas salad dan jus hijau.

2. Ubi Jalar
Menambahkan makanan kaya beta karoten ini ke dalam menu harian bisa membantu memerangi kulit kusam. Ini karena kombinasi Vitamin A dan C yang mencerahkan kulit,” kata Snyder. Ubi jalar bekerja untuk menetralisir radikal bebas yang merusak jaringan sel yang menyebabkan efek kusam. Ubi jalar juga kaya akan biotin yang merangsang pertumbuhan rambut dan kuku.

3. Almond
Selain sebagai makanan ringan yang menyehatkan, almond juga disebut makanan kecantikan karena sarat dengan vitamin E. Snyder menyebut nutrisi ini sebagai ‘antioksidan yang mempercantik kulit’ karena vitamin E terdapat di jaringan epidermis manusia yang menciptakan kehalusan dan kelenturan kulit. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin E mampu melawan tanda-tanda penuaan dengan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet sambil menutrisi kulit agar tidak kering.

4. Nanas
“Ketika Anda ingin kulit terlihat indah, buah ini adalah makanan yang menakjubkan,” kata Snyder. Nanas bermanfaat untuk kulit dengan memperbaiki pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengeluarkan racun dari tubuh. Terlebih lagi, nanas membantu dalam memproduksi kolagen.

5. Buah Bit
“Antioksidan yang tinggi di dalam bit membantu melawan tanda-tanda penuaan untuk menjaga kulit tetap kencang dan awet muda,” kata Snyder. Kombinasi mineral dan vitamin (folat, vitamin A, potasium, dan magnesium) menstimulasi produksi dan memperbaiki sel, melindungi kulit dari penuaan dini dan keriput. Snyder merekomendasikan untuk menambahkan bit ke dalam jus di pagi hari yang dicampur dengan apel dan sedikit jahe.

6. Buah Ara atau Tin
Buah ini mengandung nutrisi yang membantu membersihkan pencernaan dari racun dan lendir, yang menurut Snyder, dapat mencegah nutrisi penting diserap kulit. “Proses ini penting untuk meningkatkan kulit cerah secara alami,” katanya. Namun karena kaya akan gula, Snyder menyarankan untuk membatasi asupan buah ini.

7. Bayam
Daun hijau ini punya kandungan vitamin A yang tinggi, yang diperlukan untuk pertumbuhan kulit dan rambut. “Bayam juga sarat akan vitamin C, yang penting untuk membangun dan mempertahankan kolagen,” kata Snyder. Bayam bisa diolah untuk makanan sederhana, jus, atau smoothie.

8. Kurma
Kurma mengandung serat tinggi dan merupakan makanan manis sempurna untuk membersihkan racun dalam tubuh. “Kurma kaya akan tembaga, yang merupakan mineral penting yang membantu tubuh menyerap zat besi, membentuk kolagen dan sel darah merah,” kata Snyder. Ditambah lagi, kurma menjadi alternatif pengganti gula yang bagus dalam masakan.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.