Now Reading:
Tips Kecantikan Sederhana untuk Kulit Berminyak, Kering, dan Kombinasi
Full Article 2 minutes read

Tips Kecantikan Sederhana untuk Kulit Berminyak, Kering, dan Kombinasi

iyaa.com | Jakarta: Setiap jenis kulit punya permasalahannya masing-masing. Tips sederhana berikut ini bisa membantu kulitmu lebih sehat dan cerah meski kulitmu berminyak, kering, atau kombinasi.

1. Kulit Berminyak
Jenis kulit ini paling punya banyak masalah. Namun jika bisa dirawat dengan baik, pemilik kulit ini bisa memiliki wajah cerah alami yang tak dimiliki jenis kulit lainnya.

Dilansir dari Style Craze, permasalahan umum dari kulit berminyak adalah pori-pori besar dan wajah kusam karena produksi minyak berlebih. Hal ini membuat wajah terlihat berkilau dan licin. Masalah lainnya adalah jerawat, komedo, flek hitam, blackhead, maupun whitehead.

Tips: Jaga pola makan yang sehat. Makan banyak sayuran mentah dan buah-buahan. Hindari makanan berminyak dan junk food. Selalu jaga kebersihan wajah agar wajah tak kelebihan minyak.

Foto: moyoway.com

2. Kulit Kering
Kulit kering bisa menimbulkan ketidaknyamanan terutama saat berada di tempat bersuhu sangat dingin. Kulit kering biasanya tampak bertekstur halus, namun kusam dan kemungkinan ada area kulit yang terkelupas. Biasanya kulit kering juga terlihat punya kerutan di sudut mulut, mata, dan dahi.

Tips: Jangan gunakan air panas saat mandi. Setelah selesai mandi, keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk lembut. Dan jangan lupa selalu menggunakan pelembap setelah mandi.

Foto: sunlightpharmacy.com

3. Kulit Kombinasi
Kulit kombinasi punya karakteristik kedua jenis kulit, seperti pori-pori besar, breakout di daerah T, dan pipi kemerahan.

Masalah yang terjadi pada kulit kombinasi tergantung pada kondisi iklim dan juga jenis kulit apa yang paling dominan di wajah.

Tips: Selalu bersihkan wajah dengan rutin. Cari pelembap yang sesuai dengan kulitmu. Pelembap yang cocok untuk kulit kombinasi bisa jadi berbeda-beda untuk setiap orang. Namun jika sudah menemukan yang sesuai, sebaiknya jangan gonta-ganti.

Gunakan pelembap dalam jumlah yang tepat. Jika terlalu berlebihan, akan menimbulkan masalah di area wajah yang berminyak. Jika kurang, akan menyebabkan masalah di area wajah yang kering.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.