Now Reading:
Macam-Macam Jenis Eyeliner yang Perlu Kamu Tahu
Full Article 3 minutes read

Macam-Macam Jenis Eyeliner yang Perlu Kamu Tahu

iyaa.com | Jakarta: Eyeliner menjadi salah satu produk makeup untuk membuat riasan mata yang cantik. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kadang-kadang kita bingung memilih eyeliner yang tepat: pensil atau liquid.

Untuk memudahkan memilih eyeliner, berikut ini empat jenis eyeliner yang perlu kamu tahu, dikutip dari Byrdie.

1. Gel
Kebanyakan eyeliner mengandung lilin sebagai bagian dari formulanya. Jenis eyeliner ini cenderung mempunyai kandungan lilin yang tinggi. Ini artinya, gel eyeliner bisa bertahan lama dan menjadi pilihan terbaik di antara produk waterproof eyeliner. Biasanya eyeliner ini diaplikasikan dengan kuas yang membantu menciptakan garis lebih presisi. Namun menggunakan kuas untuk eyeliner jenis ini bisa jadi sulit. Solusinya adalah mencelupkan eyeliner berbentuk pensil ke dalam gel, lalu gunakan pensil tersebut untuk menggambar garis.

Foto: flipkart.com

2. Krim
Eyeliner berbentuk krim bisa menjadi pilihan untuk tampilan smokey eye. Ini karena cream eyeliner dirancang untuk efek smudge (efek belepotan atau luntur karena mudah dibaurkan) dan eyeliner ini berkerja mirip makeup berbasis krim seperti eyeshadow.

Kohl eyeliner sering dikategorikan sebagai cream eyeliner dan merupakan pilihan baik untuk diaplikasikan langsung di waterline atau garis bulu mata bagian bawah mata.

Foto: glowsly.com

3. Liquid
Salah satu jenis eyeliner terbaik dan paling sulit untuk dikuasai adalah liquid eyeliner atau cair. Garis yang dihasilkan jelas, intens, tahan lama, dan ideal untuk tampilan high drama. Bagaimanapun, liquid eyeliner butuh sentuhan halus saat diaplikasikan. Dan eyeliner ini cenderung cepat kering dan kurang ideal untuk tampilan smudge dan lembut.

Pada dasarnya, ada dua jenis aplikator liquid eyeliner. Yang pertama adalah brush tip, yang sangat baik untuk garis yang halus dan detail yang akurat. Yang kedua adalah felt tip (ujung kuas tipis dan runcing), yang sedikit lebih mudah untuk diaplikasikan dan sempurna untuk tampilan cat-eye.

Foto: prestigecosmetics

4. Pensil
Eyeliner jenis pensil adalah yang paling mudah digunakan. Pencil eyeliner sangat baik untuk tampilan yang lebih halus dan cocok untuk mereka yang baru belajar memakai eyeliner. Jenis eyeliner ini merupakan persilangan antara formula kering dan creamy sehingga mudah diaplikasikan.

Eyeliner mekanik juga termasuk kategori pencil eyeliner. Jenis eyeliner ini adalah versi pencil eyeliner yang bisa dikeluarkan dan dimasukkan dari dalam batang pensil, nyaman dan tidak mudah patah. Namun sulit untuk membuat ujungnya tajam. Banyak pencil eyeliner yang waterproof, tapi cenderung kurang tahan lama dibandingkan liquid eyeliner.

Foto: pusatkosmetik.com


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.