Now Reading:
Hati-Hati, Jangan Gunakan 3 Ingredients Skincare Ini Bersamaan!
Full Article 3 minutes read

Hati-Hati, Jangan Gunakan 3 Ingredients Skincare Ini Bersamaan!

iyaa.com | Jakarta: Untuk mendapatkan kulit yang indah tentunya diperlukan pemakaian serangkaian skincare, mulai dari cleanser sampai krim malam. Terlebih kalau kamu ingin mengatasi masalah spesifik kulitmu.

Misalnya kamu ingin mengatasi wajah yang rentan berjerawat, maka baiknya gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide. Atau kalau kamu ingin mencerahkan kulit, maka gunakan produk yang mengandung vitamin C di dalamnya. Itu sebabnya penting untuk melihat kandungan komposisi di sebuah produk.

Tapi perlu diperhatikan ya ladies, tidak semua ingredients tersebut cocok satu sama lain. Ada yang bertabrakkan sifatnya, ada juga yang serupa sehingga tidak boleh digunakan bersamaan. Dilansir Style Caster, ini dia 3 komposisi skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan.

1. Retinol dan Glycolic Acid
Kalau kamu concern untuk mencerahkan kulit atau menghilangkan noda hitam maka gunakan produk yang memiliki kandungan retinol atau glycolic acid di dalamnya. Jangan gunakan produk yang mengandung 2 bahan ini secara bersamaan, soalnya kandungan kedua bahan ini sama-sama kuat. Dua komposisi ini kalau digunakan bersamaan sekaligus justru akan membuat kulitmu kering.

“Ketika kandungan ini digunakan di kulit, maka mereka dapat membuat kulit kering dan sensitif terhadap sinar matahari. Menggunakan salah satu komposisi tersebut sudah membuat kulit kering dan terasa ditarik, apalagi kalau dipakai bersamaan. Yang ada kulit jadi iritasi dan kehilangan kelembapannya,” papar Dr. Kovak.

Kalau kamu punya dua produk yang satu dengan kandungan retinol dan yang satu punya kandungan glycolic acid, maka gunakan secara terpisah. Pakai yang mengandung glycolic acid di siang hari, dan yang mengandung retinol di malam hari.

2. Retinol dan Benzoyl Peroxide
Retinol punya beberapa manfaat untuk kulit. Akan tetapi ingredient ini tidak dapat bekerjasama dengan beberapa komposisi lainnya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, retinol dapat membuat kulit kering.

“Kebanyakan retinol mengangkat kelembapan kulit dan membuatnya jadi kering. Jadi kalau digunakan dengan kandungan lain yang bersifat mengeringkan kulit juga, seperti benzoyl peroxide atau kandungan alkohol yang tinggi, maka ia akan mengiritasi kulit lebih dari biasanya. Hasilnya orang yang mengalami masalah jerawat dan eczema akan semakin parah” terang Suneel Chilukuri.

Kalau kamu perlu menggunakan produk yang mengandung retinol, sebaiknya pakai pelembap terlebih dulu.

3. Vitamin C dan H20
Vitamin C merupakan complexion booster dengan segudang manfaat seperti mencerahkan kulit. Kandungan tersebut penuh dengan antioksidan. Tetapi untuk mendapat manfaat maksimal dari Vitamin C, molekul vitamin C tersebut harus stabil.

“Vitamin C merupakan molekul yang tidak stabil dan teroksidasi dengan mudah. Umumnya produsen akan menambahkan vitamin E untuk menstabilkan molekul atau menjaga manfaat vitamin C saat diaplikasikan, sayangnya air membuatnya jadi tidak stabil,” papar Dr. Chilukuri.

Dengan kata lain untuk mendapat hasil sepenuhnya dari kandungan antioksidan di vitamin C, maka vitamin tersebut tidak boleh teroksidasi. Kalau teroksidasi maka molekulnya jadi tidak stabil.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.