Now Reading:
4 Tips Memilih Sunscreen Agar Kulit Terlindungi Maksimal Selama Berpuasa
Full Article 2 minutes read

4 Tips Memilih Sunscreen Agar Kulit Terlindungi Maksimal Selama Berpuasa

iyaa.com | Jakarta: Puasa bukan halangan untuk beraktivitas di bawah sinar matahari. Yang perlu kamu persiapkan selain niat, ya tentunya sunscreen atau tabir surya.

Tabir surya akan melindungi kulitmu saat beraktivitas dari radiasi sinar matahari jahat. Sayangnya masih banyak orang Indonesia yang asal dalam memilih sunscreen. Padahal menggunakan sunscreen yang tidak tepat tidak akan melindungi kulitmu secara maksimal.

Untuk mendapatkan sunscreen yang tepat, kamu bisa mengikuti 4 tips ini. Dilansir dari Everyday Health, 4 tips ini akan memandu kamu menemukan sunscreen yang dapat memberikan perlindungan maksimal pada kulitmu.

1. Pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih

Foto: Newshub

Sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau lebih akan melindungi kulitmu 97% dari paparan sinar UVB.

2. Cari yang ada label ‘broad spectrum’

Foto: Newshub

Sunscreen dengan label ‘broad spectrum’ artinya sunscreen tersebut dapat melindungi kulit dari sinar UVA (penyebab penuaan dini dan muncul bintik hitam) dan UVB (penyebab kulit terbakar). Pasalnya kedua jenis sinar UV tersebut dapat menyebabkan kanker kulit.

3. Cari juga yang berlabel ‘water resistant’
Sunscreen dengan label ini akan memberikan perlindungan pada kulit yang basah saat berenang atau berkeringat selama 40 sampai 80 menit. Tapi perlu diingat, jangan lupa kembali pulaskan sunscreen setiap 2 jam sekali, atau setelah berenang, atau berkeringat.

4. Untuk kulit sensitif, pilih sunscreen dengan kandungan zinc oxide atau titanium dioxide

Foto: Beauty Editor

Kedua kandungan tersebut paling sedikit menyebabkan reaksi alergi ke kulit. Sunscreen dengan kandungan ini biasanya ditemukan dalam produk sunscreen anak-anak. Tapi perlu diingat, jangan beli sunscreen yang ada tulisan ‘nano’ nya, sebab partikelnya akan masuk ke kulitmu. Pilih yang tulisannnya zinc oxide atau titanium dioxide saja, tanpa embel-embel nano. Selain itu hindari sunscreen yang mengandung fragrance, minyak, dan para-aminobenzoic acid (biasa dikenal PABA).

Oh ya ladies, jangan lupa gunakan sunscreen setiap harinya ya. Mau cuacanya panas, mendung, hujan, bahkan saat di dalam ruangan, tetap pakai sunscreen. Soalnya sinar UV dapat menembus kaca jendela ruangan, jadi meski kamu di dalam ruangan pun sinar UV tetap dapat menembus lapisan kulitmu.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.