Now Reading:
5 Cara Mudah Mengatasi Mata Lelah Saat Puasa
Full Article 2 minutes read

5 Cara Mudah Mengatasi Mata Lelah Saat Puasa

iyaa.com | Jakarta: Biasanya saat puasa di bulan Ramadan, pola tidur berubah. Hal ini bisa membuat mata menjadi lelah. Apalagi selama bulan suci, kita banyak melakukan ibadah sehingga mengurangi waktu tidur.

Jangan sampai mata lelah mengurangi semangatmu berpuasa dan beribadah di bulan Ramadan. Berikut ini ada cara mudah mengatasi mata lelah, seperti dikutip Life as Mama.

1. Masker Mata dari Bubuk Kopi
Kopi dikenal karena sifatnya yang anti-inflamasi dan mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan bengkak di area bawah mata.

Caranya pun mudah. Ambil sesendok bubuk kopi. Campur dengan sejumput lada hitam, 1/4 sendok teh minyak kelapa, dan air. Aduk merata hingga membentuk pasta. Oleskan di bagian bawah mata dengan hati-hati. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bersihkan.

2. Es Batu dari Teh Hijau
Seperti kafein, teh hijau populer dalam produk kecantikan karena kandungan antioksidannya. Teh hijau dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan mata lelah dan mengurangi bengkak.

Caranya, seduh teh hijau. Kemudian tuang teh ke dalam cetakan es batu, lalu masukkan ke dalam freezer. Setelah beku, ambil satu es batu dan gosokkan dengan lembut di bawah mata. Es batu ini tak hanya bekerja karena kandungannya, tapi juga karena suhu dingin bisa menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi bengkak di mata.

3. Minyak Esensial
Minyak esensial dapat membantu memulihkan dan menyegarkan mata yang lelah. Beberapa minyak esensial yang bagus adalah frankincense, cypress, chamomile, mawar, dan lavender.

Campur minyak esensial dengan minyak kelapa, jojoba, atau almond. Jika ada, gunakan botol roll on. Campur sekitar 25 tetes untuk botol 15 ml. Hati-hati saat mengoleskannya di area bawah mata.

4. Timun dan Lidah Buaya
Timun mempunyai antioksidan alami yang membantu mengatasi pembengkakan. Caranya, haluskan setengah potong timun dengan 3 oz (6 sendok makan) gel lidah buaya. Dinginkan sebelum dioleskan ke bagian bawah mata. Simpan di dalam kulkas.

5. DIY Masker Mata dengan Kapas Pembersih Wajah
– Blender hingga halus: dua buah mentimun yang sudah dikupas, 1/2 cup (8 sendok makan) teh hijau dingin, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak kelapa, 1/2 sendok makan lidah buaya.
– Setelah halus, celup kapas ke dalamnya dan peras.
– Taruh di dalam plastik transparan, simpan di dalam freezer.
– Untuk memakainya, ambil dua buah kapas dan biarkan agak cair. Letakkan kapas di mata selama 15 menit.


Leave a Reply