Now Reading:
Dehidrasi dan Bibir Hitam Selama Puasa? Simak Cara Mengatasinya!
Full Article 2 minutes read

Dehidrasi dan Bibir Hitam Selama Puasa? Simak Cara Mengatasinya!

iyaa.com | Jakarta: Selama puasa, tubuh akan kekurangan cairan yang menyebabkan kulitmu kering. Tak hanya kulit, bibir juga bisa alami dehidrasi seperti bibir pecah-pecah hingga menghitam.

Ya, tak hanya rokok, kafein dan salah memilih produk kosmetik, dehidrasi juga mampu mengubah warna bibirmu jadi lebih gelap. Berikut tips mengatasi bibir hitam agar nampak cerah berseri:

1. Gunakan lipbalm yang mengandung SPF
Untuk mencegah bibir kering dan hitam, kamu bisa gunakan pelembap bibir berbahan Shea butter, cocoa butter dan minyak almond. Pastikan juga pelembap bibirmu mengandung SPF untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

2. Eksfoliasi bibir

Foto: sociolla

Rajin memijat bibir dan mengangkat sel kulit mati mampu mengembalikan warna cerah bibirmu. Rutinitas ini membantu melancarkan peredaran darah. Kamu juga bisa gunakan minyak almond atau minyak kelapa untuk memijat bibir. Serta gula merah atau gula pasir dan madu untuk mengangkat sel kulit mati di bibir.

3. Aplikasikan Biji Buah Delima sebagai scrub dan lip stain
Warna merah natural pada biji buah delima mampu mencerahkan bibirmu. Terdapat 2 cara mengaplikasikan biji buah delima, yaitu:

Foto: vemale

a. Scrub
Campurkan biji delima yang sudah ditumbuk dengan susu. Gosokkan perlahan ke bibir. Biarkan beberapa menit lalu bilas.

b. lip stain
Campurkan 1 sendok teh biji delima yang sudah dihaluskan dengan buah bit dan jus wortel dengan takaran yang sama. Oleskan di bibir dan biarkan beberapa menit.

4. Perasan Lemon

Foto: popbela

Gak cuma kulit, lemon yang kaya akan vitamin C juga mampu mencerahkan bibir. Peras lemon dan gosokkan sedikit pada bibir. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Irisan kentang
Kandungan enzim catecholase pada kentang dipercaya mampu hilangkan bintik hitam pada wajah dan warna hitam pada bibir. Iris kentang dan gosokkan pada bibir sebelum tidur. Biarkan hingga pagi hari lalu bilas dengan air hangat.

6. Madu

Foto: hellosehat

Cara mudah lainnya mengatasi bibir hitam adalah dengan madu. Cukup oleskan madu sebelum tidur dan biarkan semalaman.

Perlu diingat ya, guys! Beberapa tips yang menggunakan bahan makanan sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa. Supaya puasamu tetap berjalan lancar dan tak berkurang pahalanya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.