Now Reading:
Tidak Hanya Menyegarkan Saat Berbuka Puasa, Ini Sederet Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan
Full Article 3 minutes read

Tidak Hanya Menyegarkan Saat Berbuka Puasa, Ini Sederet Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan

iyaa.com | Jakarta: Kalau lagi berpuasa tentunya kamu ingin berbuka dengan yang segar-segar. Salah satu yang minuman yang jadi favorit di bulan Ramadan ya es kelapa.

Tapi apa kamu tahu ladies, selain bisa menyegarkan dahagamu setelah berpuasa seharian, air kelapa juga bisa digunakan untuk rutinitas kecantikanmu loh. Apa saja manfaatnya? Dilansir The Green Tribe, ini dia 7 manfaat air kelapa untuk kulit dan rambutmu.

1. Anti-aging

Foto: Laserlife Clinic

Air kelapa mempunyai kandungan anti-mikrobial yang besar bernama lauric acid, yang mana membantu melindungi kulit melawan infeksi kulit. Air kelapa juga mengandung protein sitokin di dalamnya, yang bertanggung jawab mendorong pertumbuhan sel dan pengaktifan sel.

Mereka mengatur sinyal sebagai respons terhadap munculnya peradangan akibat jerawat dan juga punya efek anti-aging di kulit. Baik pemakaian internal maupun eksternal, air kelapa dapat mengurangi keriput, garis halus, dan dark spots.

2. Melawan jerawat

Foto: Healthy Beauty

Selain mengatasi tanda penuaan, air kelapa juga merupakan bahan alami untuk mengatasi jerawat beserta bekasnya. Pemakaian secara topikal ke seluruh wajah dapat membantu mencerahkan noda dan menyembuhkan jerawat. Selain punya kandungan anti-mikrobial, air kelapa juga punya kandungan anti-fungal sehingga dapat mengurangi resiko jerawat yang menyebabkan infeksi dan membantu kulitmu terlihat bersih dan flawless.

3. Sebagai cleanser dan toner alami

Foto: Julias Daily Tips

Air kelapa dapat digunakan sebagai hydrating cleanser oleh pemilik kulit sensitif. Caranya oleskan kapas ke air kelapa dan gunakan untuk menghapus makeup. Lalu ambil bola kapas dan celupkan lagi air kelapa, dan dengan perlahan usapkan ke seluruh wajah dengan gerakan memutar.

Untuk toner, air kelapa dapat mengurangi tampilan pori-pori besar dan melembapkan kulit secara alami. Air kelapa juga baik untuk mengatur kembali pH kulit dan menjaganya tetap terhidrasi tanpa menimbulkan minyak berlebih.

4. Melawan bahaya sinar matahari

Foto: Expert Beacon

Kandungan anti-oksidan di dalam air kelapa yang tinggi akan vitamin C berperan besar mengurangi sunburn. Dengan perlahan oleskan air kelapa secara langsung ke kulit, biarkan terserap dengan sendirinya. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air dingin setelahnya.

5. Membuat rambut keriting mudah diatur

Foto: All Things Hair

Minyak kelapa diketahui baik untuk rambut, tapi kalau teksturnya terasa berat kamu bisa menggunakan air kelapa. Rambut keriting dan acak-acakkan dapat kamu atasi dengan memijatnya menggunakan air kelapa. Selain itu air kelapa juga bekerja sebagai serum untuk menghidrasi rambut yang kering dan sulit diatur. Nantinya rambutmu akan lebih kuat, bersinar, dan lembut.

6. Mengurangi rambut rontok

Foto: Holistic Hair

Air kelapa kaya akan vitamin K dan zat besi. Kandungan vitamin K baik untuk mem-promote pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah rambut rontok. Hampir sama, zat besi juga membawa oksigen ke akar rambut sehingga membuat rambut jadi lebih kuat dan rambut rontok pun berkurang. Cukup pijat rambutmu dengan air kelapa, dan kamu akan merasakan perbedaannya.

7. Mengatasi ketombe dan kulit kepala kering

Foto: Easy Health Options

Air kelapa bekerja sebagai deep moisturizer dan menghidrasi kulit kepala kering, sehingga efektif untuk mengatasi masalah ketombe. Kandungan anti-fungal nya juga membantu menghilangkan ketombe. Sementara kandungan lauric acid-nya membantu meningkatkan kekuatan rambut dan mengurangi rambut rontok.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.