Now Reading:
Jerawatan Saat Coba Produk Baru, Purging atau Breakout? Kenali Perbedaannya!
Full Article 2 minutes read

Jerawatan Saat Coba Produk Baru, Purging atau Breakout? Kenali Perbedaannya!

iyaa.com | Jakarta: Kamu pernah tidak wajahmu tiba-tiba jerawatan setelah mencoba produk skincare baru? Kalau pernah, kamu harus buang dulu pikiran kalau produk itu tidak cocok di kulitmu. Mungkin saja produk itu membuat kamu mengalami yang namanya purging. Apa itu purging?

Purging merupakan istilah yang merujuk pada kulit ketika kamu pertama kali menggunakan produk skincare yang mengandung bahan aktif eksfoliasi, misalnya retinoid, yang mendorong pergantian sel. Pergantian sel tersebut membuat kotoran yang tersembunyi di pori-pori keluar. Jadi dalam waktu 2-4 minggu awal penggunaan produk, pergantian sel kulitmu meningkat dan menyebabkan pori-porimu jadi purge alias melakukan proses pembersihan.

Proses pembersihan pori-pori ini baik, artinya bahan aktif kandungan tersebut bekerja. Meski demikian proses ini sering membingungkan banyak orang karena mirip dengan breakout. Menurut dermatologis Joshua Zeichner, keduanya hampir mirip karena sama-sama memunculkan jerawat atau kadang komedo. Namun jerawat akibat purging dan breakout berbeda.

“Purge dan breakout umumnya mirip, namun proses purge merupakan bagian dari proses pengobatan dan akan bertambah baik alias hilang dengan terus menggunakan retinoid topikal,” papar Joshua, dikutip dari Refinery29, (Januari 2018).

Sementara untuk perbedaan jerawat purging dan breakout, Joshua mengungkap kalau jerawat purging umumnya muncul di seluruh wajah sementara breakout biasanya muncul acak dan sendiri. Breakout biasa muncul karena kulit tidak dirawat dengan baik.

Kalau kamu baru mulai menggunakan produk yang punya bahan eksfoliasi aktif dan tiba-tiba muncul banyak jerawat, jangan panik sebab itu tidak berbahaya dan merupakan proses purging. Untuk meminimalisir munculnya jerawat purging, yang kamu perlu lakukan yaitu menggunakannya secara perlahan dan sedikit demi sedikit naikkan jumlahnya sehingga kulitmu bisa beradaptasi.

Nah, itu dia ladies penjelasan soal jerawat purging dan breakout. Jadi kalau kamu coba produk baru dan jerawatan, bisa saja bukan karena produknya tidak cocok tapi karena kulitmu sedang melakukan proses pembersihan alias purging. So, jangan langsung dibuang ya produk skincare baru kamu.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.