Now Reading:
5 Tips Samarkan Alergi dengan Makeup, Nomor 4 Paling Mudah!
Full Article 2 minutes read

5 Tips Samarkan Alergi dengan Makeup, Nomor 4 Paling Mudah!

iyaa.com | Jakarta: Alergi bisa datang kapan saja, baik karena debu, makanan, atau cuaca. Tentu reaksi alergi orang berbeda-beda, ada yang kulitnya jadi merah-merah, bersin-bersin, mata berair, dsb.

Meskipun kondisi tersebut merupakan gejala alami saat sedang alergi, tapi kadang suka bikin orang jadi tidak pede dengan penampilannya. Kalau alergimu kambuh, kamu bisa kok menutupinya dengan makeup. Mau tahu seperti apa caranya? Dilansir dari Allure, berikut tips dari beberapa makeup artist untuk menutupi alergi dengan makeup.

1. Gunakan makeup mata yang waterproof

Foto: Beautyheaven

Hampir semua makeup artist yang ditanya menekankan pada eyeliner dan maskara yang waterproof.

“Aku menderita alergi yang menyebakan mataku berair. Jika aku punya acara spesial dan harus memakai makeup, aku menggunakan maskara waterproof. Itu memberiku hasil maksimal tanpa smudging,” papar makeup artist Jadene Munson.

2. Skip semua liner
Kalau mata terus-terusan berair atau gatal jangan gunakan eyeliner, bisa-bisa tanpa sadar kamu menggosok mata dan menyebabkan eyeliner kamu kemana-mana. Sebaiknya definisikan mata dengan menggunakan eyeshadow.

“Saat mata merah dan berair, aku menjauhi iritasi dan melewatkan semua liner. Sebagai gantinya aku menegaskan mata dengan matte shadow. Bayangan yang ditempatkan dengan sempurna dapat meningkatkan, memperpanjang, dan menambah dimensi ke mata tanpa khawatir risiko liner yang berantakan,” jelas makeup artist Jared Lipscomb.

3. Color correct

Foto: YouTube Arzan Blogs

Lipscomb memaparkan bahwa mengerti dasar koreksi wajah berarti tidak kelihatan kemerahan yang disebabkan oleh alergi.

“Untuk mengatasi hidung merah, gunakan warna hijau sebelum mengaplikasikan makeup. Oles concealer warna hijau di sekitar area yang bermasalah, bisa juga coba primer warna hijau untuk mengatasi kemerahan. Ingat, aplikasikan secukupnya saja,” paparnya.

4. Kompres bengkak sebelum mengaplikasikan makeup

Foto: Metro Eve

“Mata yang bengkak sulit untuk ditutupi, jadi gunakan ice packs selama 5-10 menit sebelum mengaplikasikan makeup untuk mengatasinya,” jelas Luman.

Kalau tidak punya ice pack, kamu bisa mengompresnya dengan sendok dingin selama beberapa menit.

5. Kalau masih bengkak, lakukan contouring
Kalau area wajah, seperti hidung dan mata, masih bengkak maka fokus saja ke countouring.

“Gunakan matte medium brown eye shadow shade untuk mengkontur kelopak mata dan di bawah garis bulu mata untuk mengurangi tampilan bengkak,” ungkap Munson.

Sementara untuk hidung yang bengkak, Lipscomb menyarankan menutupinya dengan menyapukan bronzer di kedua sisi untuk kontur yang halus.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.