Now Reading:
Jangan Asal-Asalan, Begini Aturan Pakai Sunscreen yang Benar!
Full Article 2 minutes read

Jangan Asal-Asalan, Begini Aturan Pakai Sunscreen yang Benar!

iyaa.com | Jakarta: Sunscreen atau tabir surya baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA/UVB. Tapi berapa banyak sunscreen yang harus kita pakai agar terlindung maksimal dari bahaya sinar matahari?

Dilansir Into the Gloss, pakar kecantikan Jordana Mattioli membeberkan ada 5 hal yang wajib diikuti saat memakai sunscreen agar kulit tetap sehat dan pastinya terlindung.

Berapa banyak yang harus dipakai?
Rupanya ada perhitungan untuk memakai sunscreen. Sesuai standar FDA (Food and Drugs Administration) takaran yang tepat memakai sunscreen adalah 2mg/cm², artinya 2mg sunscreen per sentimeter persegi kulit.

Tapi tentunya kita sulit menentukan ukuran 2mg/cm² kan. Jadi supaya mudah menerapkannya, pakai sunscreen dengan takaran 1/2 sdt untuk diaplikasikan ke wajah dan leher.

Perlukah diulangi pemakaiannya?
Waktu 2 jam sekali penting, terlebih kalau kamu terpapar langsung sinar matahari dalam waktu lama. Tapi kalau kamu di ruangan, sekali pemakaian di pagi hari saja sudah cukup.

” Kalau kamu kerja di ruangan seharian, pemakaian pagi hari sudah cukup. Tapi kalau kamu pulang kerja jam 4 sore, lalu terpapar sinar matahari sore, maka kamu perlu mengaplikasikan sunscreen kembali,” ungkap Jordana.

Foto: Glossy Cover

Bagaimana cara memakainya?
“Jangan digosok dengan keras,” jelas Jordana. “Kamu pastinya tidak ingin sunscreen justru berakhir di telapak tangan dan bukan di kulit atau wajah. Jadi pakai sedikit saja (2mg/cm² atau 1/2 sdt) sambil dipijat,” tambahnya lagi.

Kapan harus beli?
Kamu pasti melihat tanggal kadaluwarsa di beberapa produk tabir surya, kecuali kalau perusahaan telah melakukan pengujian stabilitas untuk membuktikan bahwa formula akan tetap stabil setidaknya selama tiga tahun. Kalau kasusnya seperti itu, buang sunscreen setelah 3 tahun dibeli.

Cukupkah dengan makeup?
Bisa cukup bisa juga tidak. Kalau foundationmu punya kandungan sunscreen di dalamnya, kamu tetap harus mengaplikasikan aturan 2mg/cm². Tapi takaran tersebut hampir tidak mungkin ada di foundation.

Baiknya kamu gunakan sunscreen yang bekerja baik sebagai base makeup. Aplikasikan secukupnya, biarkan menempel, baru lanjutkan pakai makeup seperti biasa.

Ada tambahan?
Sebenarnya masih ada. Pilih sunscreen yang ada tulisan ‘broad spectrum’ untuk menjamin perlindungan dari radiasi sinar UVA/UVB. Kalau kulitmu tetap terbakar, cek kembali tanggal expired dan caramu mengaplikasikannya. Perlu diingat juga, tabir surya tidak menjamin 100% perlindungan, pakai juga topi dan kacamata supaya lebih terlindung.


1 comment

  • SPF, Formula dalam Sunscreen untuk Lindungi Kulit dari Sinar UVB – media.iyaa.com

    […] Sunscreen yang mengandung SPF 15 dapat menahan sengatan sinar UVB sebanyak 93%, SPF 30 menahan sinar UVB sebesar 97%, dan SPF 50 dapat menahan paparan sinar UVB sebesar 98%. Tapi itu hanya berlaku kalau kamu mengaplikasikan sunscreen dengan tepat. […]

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.