Now Reading:
Ketahui 3 Hal Berikut Ini Sebelum Pakai Minyak Kelapa untuk Kulit!
Full Article 2 minutes read

Ketahui 3 Hal Berikut Ini Sebelum Pakai Minyak Kelapa untuk Kulit!

iyaa.com | Jakarta: Sejak dulu banyak yang menyebut bahwa minyak kelapa atau coconut oil baik untuk kulit. Meskipun berasal dari bahan alami, tapi apa benar minyak kelapa dapat digunakan semua orang?

Sebelum kamu menambahkan minyak kelapa dalam rutinitas kecantikanmu, sebaiknya kamu ketahui 3 hal berikut ini ladies. Dilansir dari Marie Claire, berikut 3 hal yang harus kamu ketahui seputar pemakaian minyak kelapa untuk kulit.

Siap-siap untuk breakout
Pemilik kulit acne-prone, sebaiknya kamu jauh-jauh dari minyak ini deh. Soalnya minyak ini teksturnya berat, jadi minyak kelapa hanya akan tinggal di permukaan kulitmu saja dan bukan terserap ke dalam kulit. Karena hanya di permukaan kulit jadinya minyak ini menutup pori-porimu.

“Meski disebut punya banyak manfaat, minyak kelapa teksturnya berat sehingga berpotensi menyumbat pori-pori,” ungkap dermatologis Joshua Zeichner.

Faktanya lagi, minyak kelapa mempunyai nilai 4 pada skala komedogenisitas 0-5, yang artinya beresiko tinggi bagi siapa pun yang punya masalah jerawat.

Foto: YouTube Effectives News

Jangan gunakan untuk menyembuhkan jerawat
Belakangan ini minyak kelapa dipercaya untuk menyembuhkan jerawat karena kaya akan asam laurat, anti bakteri dan anti jamur, serta asam lemak. Tapi sebenarnya itu tidak membuat minyak kelapa efektif menyembuhkan jerawat.

Secara teori, kandungan di minyak kelapa bermanfaat untuk kulit berjerawat (vitamin E dan asam linoleat baik untuk menenangkan kulit iritasi, sementara asam laurat membunuh bakteri), tapi dalam penelitian sama sekali tidak menunjukkan kemampuan itu. Jadi lebih baik pakai krim khusus mengatasi jerawat.

Ketahui kondisi kulitmu
Ada kemungkinan kalau minyak kelapa dapat bekerja sangat baik untuk kulitmu karena reaksi kulit orang berbeda-beda.

“Kulitmu bereaksi pada produk tersebut tergantung faktor genetik. Beberapa orang sangat sensitif pada berbagai faktor eksternal, termasuk minyak kelapa, sementara yang lainnya dapat menoleransi apa pun” papar Dr. Zeichner.

Sayangnya cara untuk mengetahui minyak kelapa cocok untukmu atau tidak adalah dengan mencobanya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.