Now Reading:
Rutinitas Skincare yang Simpel Buat Cowok Biar Kulit Tetap Terawat
Full Article 3 minutes read

Rutinitas Skincare yang Simpel Buat Cowok Biar Kulit Tetap Terawat

iyaa.com | Jakarta: Produk kecantikan untuk cowok masih sedikit jumlahnya, ditambah lagi produk yang ada pun paling hanya cleanser, body wash, obat jerawat dan deodoran. Selain itu para cowok baru fokus merawat kulit kalau masalah kulit seperti jerawat atau komedo sudah muncul.

Padahal semua masalah kulit tersebut bisa dicegah kalau saja mereka rutin merawat kulit mereka. Tidak perlu sebanyak dan seribet perempuan, cukup dengan tahapan basic saja. Dilansir dari GQ, berikut 4 tahap merawat wajah yang perlu dilakukan kalian cowok-cowok.

1. Cleanser

Foto: L’Oreal Paris

Tahap mencuci muka memang sudah dilakukan, tapi masih banyak yang mencuci wajah dengan air saja atau bahkan dengan sabun mandi. Harusnya cuci muka dengan sabun khusus pencuci muka agar kotoran, debu, dan minyak di wajah benar-benar bersih.

Bersihkan wajah dua kali sehari saja, saat bangun tidur untuk membersihkan kotoran di wajah saat tidur (khusunya yang berasal dari bantal) dan cuci muka lagi sebelum tidur untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk saat kamu beraktivitas seharian.

2. Eksfoliasi

Foto: Balding Beards

Setelah membersihkan wajah, kamu harus memakai scrub untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk. Kalau banyak sel kulit matinya, maka pori-pori akan tersumbat dan menyebabkan wajahmu jadi breakout.

Melakukan eksfoliasi membuat sel kulit sehat muncul ke permukaan sehingga wajahmu terlihat lebih cerah. Tapi ingat, hanya lakukan eksfoliasi 2x seminggu saja dan jangan setiap hari karena butiran scrub dapat membuat kulit tipis yang dapat mengakibatkan iritasi nantinya.

3. Pelembap

Foto: Cinthol

Setelah membersihkan dan melakukan eksfoliasi, kamu harus melembapkan kembali kulit (soalnya dua tahapan sebelumnya membuat kulit jadi kering) dengan memakai pelembap. Pelembap akan mengantarkan vitamin dan nutrisi ke kulit, juga membuat lapisan pelindung di atas kulit.

Pakai di pagi hari untuk mengembalikan kelembapan yang hilang saat tidur, dan pakai kembali sebelum tidur untuk memaksimalkan kerja nutrisi yang menguatkan kulit saat sel-sel kulit beregenarasi.

4. SPF

Foto: Effortless Skin

Sinar matahari (baik saat mendung) dapat mengubah sel-sel kulit sehingga memicu keriput, sun spots, bahkan kanker. Jadi penting untuk melindungi kulitmu dengan memakai SPF (Sun Protector Factor), baik yang sudah tersedia dalam pelembap atau produk SPF itu sendiri setelah memakai pelembap.

Kalau kamu keluar hanya untuk pulang pergi atau beli makan siang, SPF ringan sebenarnya sudah cukup. Tapi kalau kamu memang beraktivitas di luar ruangan dan terpapar matahari langsung, maka SPF dengan kandungan 30 atau lebih wajib digunakan agar kulit terlindung maksimal.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.