Now Reading:
Macam-Macam Concealer dan Cara Memilihnya Sesuai Jenis Kulit
Full Article 2 minutes read

Macam-Macam Concealer dan Cara Memilihnya Sesuai Jenis Kulit

iyaa.com | Jakarta: Concealer biasanya diandalkan untuk menutupi kekurangan di wajah, seperti warna kulit yang tidak rata, mencerahkan area gelap, dan menyamarkan noda. Bersama foundation, concealer bisa membuat makeup lebih sempurna.

Concealer hadir dalam bentuk liquid, stick, dan cream. Agar tak salah pilih, berikut ini penjelasan setiap jenis concealer, seperti dikuitp dari Paula’s Choice.

1. Liquid Concealer (untuk semua jenis kulit)

Foto: Neels Corner

Liquid concealer adalah concealer paling fleksibel karena coverage-nya yang buildable, dan cocok untuk semua jenis kulit, kecuali kulit yang sangat kering. Liquid concealer juga mudah diaplikasikan.

Jerawat bisa ditutupi tanpa menimbulkan risiko penyumbatan pori-pori seperti cream concealer. Selain itu, liquid concealer bisa menutupi area berkerut di wajah karena teksturnya yang tipis dan tidak mudah creasing atau pecah.

Liquid concealer dengan hasil akhir matte lebih tahan lama dibandingkan hasil akhir satin. Namun liquid concealer dengan hasil akhir satin mampu memberikan tampilan yang natural. Sementara untuk bagian bawah mata bisa memakai liquid concealer dengan dengan hasil akhir radiant shimmer. Sebab dapat menutupi warna gelap di bawah mata sekaligus meng-highlight area bawah mata dengan cahaya lembut.

2. Stick Concealer (untuk kulit kering dan sensitif)

Foto: Lookfantastic

Dinamakan stick concealer karena concealer jenis ini memiliki tekstur semi-padat, sangat pigmented, dan kental. Stick concealer dapat diaplikasikan dengan cara ditotol-totolkan ke wajah atau dipulas baru kemudian dibaurkan. Cara membaurkannya cukup dengan jari tangan dengan gerakan menotol atau dengan concealer brush.

Stick concealer tidak cocok untuk kulit wajah berminyak dan kombinasi karena sifatnya yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Namun concealer jenis ini sangat baik untuk kulit kering dan sensitif.

Stick concealer mempunyai coverage mulai dari medium hingga full, dengan hasil akhir satin dan powdery matte.

3. Cream Concealer (untuk kulit kering, kombinasi, atau sensitif)

Foto: Beautyheaven

Secara umum cream concealer memberikan coverage yang medium hingga full. Biasanya concealer jenis ini hadir dalam wadah kecil, palette, atau compact. Cream concealer sangat baik untuk area bawah mata dan bisa mengkoreksi warna kulit yang tidak rata.

Cara mengaplikasikannya bisa dengan cara ditotol dengan jari tangan, sponge, atau concealer brush. Kekurangannya, concealer jenis ini bisa menimbulkan garis kerutan di creasing line (garis di mata dan bibir). Maka perlu di-set dengan loose powder atau pressed powder.

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.