Now Reading:
Awas, 4 Kebiasaan Ini Bikin Bekas Jerawatmu Betah Tinggal di Wajah!
Full Article 2 minutes read

Awas, 4 Kebiasaan Ini Bikin Bekas Jerawatmu Betah Tinggal di Wajah!

iyaa.com | Jakarta: Bekas jerawat sangat menyebalkan. Ada yang beruntung karena bisa mengatasinya, dan ada juga yang kurang beruntung karena bekas jerawat betah di kulitmu. Kok bisa ya? Padahal sudah pakai obat untuk mengatasinya, tapi kok bekasnya masih bertahan.

Kalau kamu sulit menghilangkan bekas jerawat, mungkin kamu melakukan satu atau bahkan 4 kebiasaan ini ladies. Dilansir dari The Klog, ini dia kebiasaan–sepele–yang dapat membuat bekas jerawat betah di tinggal di wajahmu.

1. Melewatkan sunscreen

Foto: The Independent

Saat sedang berjerawat, bekas setelahnya disebut dengan post-inflammatory hyperpigmentation. Hyperpigmentasi pada intinya disebabkan oleh kelebihan melanin sehingga menghasilkan pigmen gelap. Sementara saat berjerawat, pigmen gelap tersebut muncul karena kulit yang terluka (yang menyebabkan produksi melanin jadi meningkat). Hasilnya adalah bekas jerawat.

Kesalahan terbesar saat mengatasi hyperpigmentasi ini yaitu kamu melewatkan sunscreen. Padahal paparan sinar UV menyebabkan resiko post-inflammatory hyperpigmentation jadi lebih tinggi. Jadi untuk menghindari hal ini, selalu pakai sunscreen bahkan di atas jerawatmu (dan pilih yang sesuai dengan tipe kulitmu).

2. Over-eksfoliasi

Foto: Natural Adviser

Menggunakan chemical eksfoliator merupakan salah satu cara untuk mengatasi bekas jerawat. Tapi kalau berlebihan, yang ada kulit jadi iritasi dan terluka. Sudah disebut sebelumnya, post inflammatory terjadi karena kulit luka hingga akhirnya membuat produksi melanin meningkat. Jadi gunakan secukupnya saja. Atau kalau bisa, lebih baik gunakan gentle eksfoliator.

3. Memakai makeup tebal

Foto: L’Oreal Paris

Kebanyakan orang yang punya bekas jerawat akan melakukan apa pun untuk menyembunyikan noda tersebut, dan umumnya yang digunakan adalah foundation yang full coverage. Padahal cara itu justru akan mengiritasi jerawat dan membuatnya berbekas. Pasalnya foundation yang full coverage punya kandungan yang dapat meningkatkan iritasi dan peradangan.

4. Hanya merawat saat berjerawat

Foto: Khoobsurati

Ini juga kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang, pusing saat jerawat muncul dan tenang saat jerawat tidak terlihat. Kulit tetap harus dirawat baik saat tidak, sedang, atau setelah berjerawat. Cara ini akan membuat kulit lebih bersih dan kamu terhindar dari bekas jerawat bahkan sebelum jerawat tumbuh.

Nah ladies, jadi selalu rawat kulitmu baik saat sedang berjerawat maupun tidak ya. Dan pastikan kamu menghindari 4 kebiasaan di atas tadi ya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.