Now Reading:
Produk Kecantikan Mahal Sudah Pasti Bagus, Benarkah Demikian?
Full Article 3 minutes read

Produk Kecantikan Mahal Sudah Pasti Bagus, Benarkah Demikian?

iyaa.com | Jakarta: Produk kecantikan hadir dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang murah sampai luar biasa mahal. Banyak yang bilang kalau produk berharga mahal sudah pasti bagus hasilnya. Tapi apa benar demikian?

Dipaparkan Joyce de Lemos, seorang ahli kimia kosmetik yang bekerja untuk brand kecantikan ternama, produk mahal tidak selalu menjamin hasilnya akan sangat bagus. Rupanya bahan-bahan di dalamnya sama seperti produk-produk lain.

“Kami tidak punya masalah memakai formula mengangumkan dan membuang bagian yang mahalnya, seperti bahan-bahan eksklusif atau aroma khas, kemudian mengemasnya kembali untuk produk yang lebih murah. Brand-brand besar sering mengambil formula dari brand lainnya yang bekerja cukup baik, dan mereka hanya mendesain dan mengemasnya kembali untuk brand lainnya, papar Lemos seperti dikutip dari Byrdie.

“Intinya sama seperti kue. Kamu membuat red velvet dan orang lain suka, lalu sebuah perusahaan membuat kue dengan krim keju yang beku sebagai tanda bahwa itu kue buatannya. Bagaimanapun, kamu membuat bahan dasar cake dengan bahan yang sama dan dengan biaya lebih murah, plus sama-sama lezat,” jelasnya.

Foto: Live About

Jadi dijelaskan Lemos, yang sebenarnya dibeli dari produk berharga mahal adalah ‘keeleganan’ formulanya. Contohnya silikon. Silikon sama seperti dimenthicone dan ringan.

“Mereka benar-benar membuat formula jadi seksi dan memberimu kelembutan atau kehalusan. Kalau kamu pergi ke supermarket dan membeli pelembap yang dimenthicone-free, kamu akan melihat bahwa produk itu sangat lengket atau kesat,” ujarnya.

Meski demikian produk berharga mahal bukan berarti kamu hanya membeli kemewahan, tapi produk-produk tersebut punya campuran bahan mereka sendiri–yang didapat dari lab mereka–dan tidak ditemukan di produk lainnya dan benar-benar bermanfaat untuk kulit.

Tapi karena itu juga, brand-brand tersebut tidak memperlihatkan kandungan apa saja yang ada dalam produk mereka. Mungkin 90% air dan hanya 10% kandungan aktifnya, meski yang 10% itu tetap akan ditulis dalam ingredients list-nya. Sangat tricky memang, dan Lemos sendiri menyarankan untuk memakai sendiri agar tahu hasilnya.

“Sebagai konsumen, aku mencari bukti apakah produk itu memang bekerja. Jika melihat merek yang melakukan penelitian untuk tes klinis, dan merek tersebut memang bekerja maka aku tahu kalau aku membeli sesuatu yang harganya sesuai dengan bukti yang ditunjukkan,” tutup Lemos.

Jadi sebelum beli produk apa pun, pastikan selalu lakukan penelitian dan cari-cari info seputar produk yang akan kamu beli ladies.


1 comment

  • Produk Kecantikan Mahal Sudah Pasti Bagus, Benarkah Demikian? – media.iyaa.com | Fashion

    […] Berita:  https://media.iyaa.com/post/2018/06/11316/produk-kecantikan-mahal-sudah-pasti-bagus-benarkah-demikia…RePost By:  Mutiara […]

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.