Now Reading:
3 Cara Memanfaatkan Semangka untuk Kulit Cantik Alami
Full Article 2 minutes read

3 Cara Memanfaatkan Semangka untuk Kulit Cantik Alami

iyaa.com | Jakarta: Semangka tak hanya menyehatkan tubuh, namun juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Sebab semangka mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B kompleks, C, dan potasium.

Buah yang mengandung 93 persen air ini merupakan bahan sempurna untuk membuat kulit ternutrisi dan terhidrasi. Selain itu, terdapat sumber antioksidan, seperti lycopene dan beta-carotene yang membantu mengatasi masalah kulit seperti kulit kusam dan terbakar.

Semangka bisa membantu memperbaiki sel kulit yang rusak dan meregenerasinya agar tampak lebih muda. Menggunakan semangka secara rutin juga membantu mengatasi kulit berminyak dan mencegah jerawat.

Seperti dilansir dari Swirlster, berikut ini 3 cara mudah memanfaatkan semangka untuk kulit cantik alami.

1. Sebagai Toner
Karena sedikit asam, semangka dapat bekerja dengan baik sebagai toner untuk menghilangkan kotoran dan minyak, serta menjaga cerah alami kulit.

Caranya: Ambil setengah cup (76 gram) potongan daging buah semangka dan blender bersama segenggam daun mint, lalu saring. Celupkan kapas, lalu aplikasikan pada wajah setelah dibersihkan.

2. Sebagai Face Pack
Caranya: Siapkan satu cup (152 gram) semangka, satu buah pisang, dan satu sendok makan madu. Campur rata, lalu oleskan ke wajah. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

3. Sebagai Face dan Body Scrub
Semangka merupakan scrub yang sangat baik karena kaya asam malat (malic acid) yang membantu mengangkat sel kulit mati.

Caranya: Parut sepotong besar semangka dan tambahkan satu cup (220 gram) gula coklat (brown sugar) dan air mawar. Gunakan untuk menggosok tubuh dan wajah, lalu bilas dengan air.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.