Now Reading:
4 Mitos dan Fakta Seputar Aloe Vera Gel untuk Kecantikan
Full Article 3 minutes read

4 Mitos dan Fakta Seputar Aloe Vera Gel untuk Kecantikan

iyaa.com | Jakarta: Aloe vera (lidah buaya), tanaman yang satu ini dipercaya punya banyak manfaat untuk kecantikan. Maka tak heran kalau produsen kecantikan memasukkan tanaman ini ke dalam ingredients list mereka.

Banyak yang percaya kalau tanaman ini bisa mengatasi jerawat, kulit terbakar, iritasi, membuat kulit halus, dsb. Tapi apa benar demikian? Apa itu bukan fakta sebenarnya dan hanya mitos belaka? Dilansir dari Aloe Vera Guru, ini dia penjelasan dibalik ‘kesaktian’ aloe vera untuk kecantikan.

1. Mitos: Aloe Vera tidak efektif di area mata
Fakta: Aloe vera gel banyak digunakan produk kecantikan, diantaranya sebagai eye makeup remover dan pelembap. Aloe vera merupakan cara efektif untuk menghapus riasan mata tanpa menimbulkan iritasi.

Kalau suka menggunakan bahan-bahan alami, maka kamu bisa membuat DIY makeup remover dari campuran 100% aloe vera gel murni dan virgin olive oil dengan rasio 50-50. Resep DIY ini dapat menghapus riasan mata dengan baik, tanpa mengiritasi kulit sehingga pemilik kulit sensitif sekali pun dapat memakainya.

2. Mitos: Aloe vera tidak dapat mengatasi sunburn sebaik krim komersial
Fakta: Para ahli setuju aloe vera mampu mengatasi sunburn. Berdasarkan penelitian, aloe vera gel efektif untuk melembutkan kulit dan membantu penyembuhan sunburn dan tipe mild burns lebih cepat. Jadi kalau kamu ingin mengatasi sunburn, ambil beberapa aloe vera gel dari tanaman aslinya.

3. Mitos: Minum jus aloe vera akan memberimu kulit yang mengagumkan
Fakta: Minum jus aloe vera sempat jadi tren. Tapi kenyataannya, manfaat minum jus aloe vera sendiri belum diketahui pasti karena masih sedikit penelitian yang menunjukkan manfaat minum jus aloe vera.

Jadi sebenarnya tidak ada bukti kalau minum jus aloe vera dapat membuat kulit jadi lebih baik. Tapi pemakaian secara topikal memang sangat baik untuk kulit karena tanaman ini kaya dengan kandungan baik seperti vitamin A, B, C, dan E serta beta karotin. Dengan 18 dari 20 asam amino, tak heran aloe vera jadi superfood buat kulit.

4. Mitos: Semua aloe vera sama saja
Fakta: Banyak produk kecantikan menggunakan aloe vera, tapi hanya beberapa saja yang sebenarnya mendapat manfaat dari aloe vera gel dalam kemasan. Jadi sebaiknya aplikasikan 100% pure aloe vera gel. Tapi kalau yang kamu punya aloe vera gel dalam kemasan, maka cari gel yang punya gelembung udara dan terlihat kental.

Jangan terlalu percaya dengan produk yang mencantumkan “terbuat dari 100% aloe vera gel”. Aloe vera gel dapat dibuat dari 100% aloe vera gel, tapi kenyatannya cairan yang kamu pakai mungkin 99% air dan sisanya merupakan 100% aloe vera gel. Itu sebabnya penting untuk melihat label ingredient-nya. Kalau ingin membeli aloe vera gel dalam kemasan, pastikan kandungan pertama produk tersebut memang benar aloe vera gel.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.