Now Reading:
Bau Mulut Saat Puasa? Ini 7 Cara Mengatasinya!
Full Article 2 minutes read

Bau Mulut Saat Puasa? Ini 7 Cara Mengatasinya!

iyaa.com | Jakarta: Selain dehidrasi, bau mulut juga jadi masalah yang sangat mengganggu. Terlebih saat berpuasa, aroma tak sedap dari dalam mulut sering membuat kita tak percaya diri.

Dalam dunia medis, kondisi seperti ini disebut sebagai halitosis. Yaitu bau tak sedap yang timbul akibat bakteri yang berkembang dalam mulut. Hal ini membuat aroma tak sedap akan keluar saat kamu membuka mulut.

Untuk itu, kamu perlu tahu bagaimana cara mencegah dan mengatasi bau mulut selama berpuasa. Berikut tipsnya:

1. Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa
Air putih tak hanya mencegah dehidrasi. Banyak minum air putih saat sahur dan berbuka dapat meningkatkan produksi air liur selama puasa. Air liur ini mampu mencegah bau mulut.

2. Sikat gigi
Biasakan menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Selama puasa, biasakan menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur.

Foto: daily moslem

3. Bersihkan lidah
Gak cuma gigi, lidah juga bisa jadi sarang bakteri penyebab bau mulut. Untuk itu, bersihkan lidahmu selesai menyikat gigi.

Foto: Grid

4. Berkumur
Cara selanjutnya mencegah bau mulut adalah berkumur. Gunakan mouthwash non alkohol setelah sahur. Serta sebelum tidur di malam hari. Kamu juga bisa gunakan larutan air garam untuk berkumur. Larutan air garam ini bekerja seperti antiseptik yang mengusir bakteri di mulut.

5. Hindari merokok saat sahur
Tembakau dapat menyebabkan bau mulut. Merokok juga meningkatkan resiko masalah pada gusi yang selanjutnya sebabkan bau tak sedap.

Foto: okezone

6. Konsumsi teh hijau pahit
Kandungan polyphenol dalam teh hijau mampu membersihkan bakteri di saluran pernapasan. Cara ini juga dapat dilakukan bagi para perokok untuk menghilangkan bau mulut.

Foto: baca berita

7. Hindari makanan manis dan berbau
Hindari makanan manis dan berbau menyengat terutama saat sahur. Seperti cokelat yang lengket di gigi. Jengkol dan pete yang beraroma menyengat dan membutuhkan proses yang lama untuk dicerna.


Leave a Reply