Now Reading:
Dialami Via Vallen, Apa Sih ‘Catcalling’ & ‘Sexual Harassment’?
Full Article 2 minutes read

Dialami Via Vallen, Apa Sih ‘Catcalling’ & ‘Sexual Harassment’?

iyaa.com | Jakarta: Via Vallen mendapatkan pesan mesum dari pemain sepak bola Indonesia. Tak terima dengan perlakuan tersebut, Via Vallen memposting pesan mesumnya di insta story.

Bukannya dapat dukungan, sejumlah netizen justru membully dan menyebut Via Vallen hanya cari sensasi. Dugaan ini semakin kuat setelah beberapa selebriti dan akun gosip seakan menggiring opini bahwa apa yang dialami Via Vallen adalah hal yang lumrah.

Sebelum menilai apa yang terjadi pada Via Vallen, ada baiknya cari tahu dulu apa itu catcalling dan sexual harassment (pelecehan seksual).

Catcalling adalah istilah dari pelecehan seksual terhadap wanita secara lisan. Seperti dilansir dari CNN Indonesia, Catcalling didefinisikan sebagai siulan, panggilan dan komentar yang bersifat seksual dan tidak diinginkan oleh pria terhadap wanita.

Ada lagi istilah lainnya seperti Street Harassment yaitu bentuk pelecehan seksual yang dilakukan di tempat umum.

Sementara itu, Sexual Harassment atau pelecehan seksual adalah keadaan yang tak bisa diterima, baik secara lisan, fisik atau isyarat seksual. Pelecehan seksual meliputi kontak fisik, lelucon atau komentar baik lisan maupun tulisan, kedipan mata, penggunaan gambar-gambar porno hingga ajakan seksual dan serangan fisik.

Saat ini, sexual harassment dalam bentuk lisan dan tulisan disebut sebagai hal yang biasa terjadi. Bahkan sebagian orang menilainya sebagai bentuk pujian.

Jika kamu mengalami salah satu dari tindakan pelecehan seperti yang disebutkan di atas, jangan diam saja!

Sebaiknya kamu catat atau rekam kejadian tersebut. Lalu bicara pada orang lain. Berikan pelajaran pada pelaku pelecehan jika kamu sanggup. Dan jangan lupa laporkan pelecehan seksual pada yang berwajib.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.