Now Reading:
Negara Ini Bakal Larang Pemakaian Wet Wipes, Tisu Pembersih Makeup Termasuk?
Full Article 2 minutes read

Negara Ini Bakal Larang Pemakaian Wet Wipes, Tisu Pembersih Makeup Termasuk?

iyaa.com | Jakarta: Wet wipes atau tisu basah–face wipes atau baby wipes–digemari lantaran praktis digunakan, menyegarkan dengan cepat, dan mudah dibawa kemana pun.

Namun dibalik kepraktisannya, Inggris rupanya berupaya mengurangi pemakaian produk satu ini karena produk ini masuk dalam rencana pemusnahan ‘sampah plastik yang dapat dihindari’ pemerintah Inggris pada tahun 2042. Rupanya, wet wipes punya dampak buruk untuk lingkungan.

Kok bisa? Usut punya usut, produk ini rupanya terbuat dari polyester (yang melepaskan mikroplastik saat basah) dan mengandung non-biodegradable plastic alias plastik yang tidak dapat diurai oleh bakteri atau organisme hidup lainnya. Mereka juga merupakan penyebab 93% saluran pembuangan di Inggris tersumbat.

Keadaan saluran pembuangan air di Inggris | Foto: BBC News

Melihat terjadinya hal ini, pemerintah dan industri diminta meyakinkan konsumen agar tidak menyiram wet wipes ke sistem air limbah.

“Kami terus berupaya untuk bekerja dengan manufaktur dan retailer tisu basah untuk memastikan labeling dan packaging jelas dan orang tahu untuk membuang mereka dengan benar,” ungkap jubir dari Department of the Environment (Defra), dikutip dari BBC News, Selasa (8/5/2018).

Defra juga menyarankan agar para manufaktur dan retailer berinovasi supaya produk ini dapat di-recyle alias dipakai berulang kali, atau membuat alternatifnya yang tidak mengandung plastik dan dapat di-flush.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.