Now Reading:
Dimethicone, Ingredients yang Sering Dijumpai di Skincare, Makeup, dan Haircare
Full Article 2 minutes read

Dimethicone, Ingredients yang Sering Dijumpai di Skincare, Makeup, dan Haircare

iyaa.com | Jakarta: Pelembap wajah banyak tersedia dan bisa dipilih sesuai keinginan. Tapi mana produk yang benar-benar melembapkan dari sekian banyak pelembap yang ada?

Kalau kamu ingin pelembap yang melembapkan wajah, maka pilih produk yang mencantumkan ingredients bernama Dimethicone. Apa itu dimethicone? Yuk, simak penjelasannya seperti dilansir dari Vogue UK.

Dimethicone merupakan tipe silikon yang berasal dari polymer. Kandungan ini sering digunakan dalam makeup, skincare, dan produk perawatan rambut. Kegunaannya apa?

Kamu tentunya pernah merasa kulit langsung halus, lembut, dan mattifying setelah pakai serum atau krim tertentu kan. Itu mungkin saja karena produk yang kamu pakai mengandung dimethicone di dalamnya. Karena sifat fluid-nya, dimethicone membantu menciptakan tekstur yang lebih baik dalam skincare.

Selain itu kandungan ini juga membantu menutup pori-pori atau garis halus, berperan sebagai pelindung kulit sehingga cocok untuk kondisi cuaca keras, serta digunakan sebagai bahan pelindung kulit untuk menyembuhkan lukan dan menyembuhkan dry patches.

Foto: Vogue UK

Pro dan Kontra
Kandungan dalam skincare umumnya tak lepas dari pro dan kontra, begitu juga dengan dimethicone. Ada perdebatan bahwa kandungan ini (dan tipe silikon lainnya) dapat menyumbat pori-pori dan memperparah kulit acne-prone.

Meski demikian, dimethicone membuat perubahan besar pada tekstur produk skincare dengan berperan sebagai emulfisier, yang bekerja mencegah kandungan lain terpisah. Dimethicone juga efektif untuk memberikan matte finish, maka tak heran kandungan ini popular di produk skincare untuk kulit berminyak dan masalah pori-pori besar.

Dimethicone juga digunakan dalam krim untuk melindungi iritasi kulit ringan, dry patches atau menyembuhkan luka, dan efektif untuk mengunci kelembapan karena molekulnya yang besar.

Melihat penjelasan di atas, kamu sudah tahu dimethicone itu apa, manfaatnya, serta pro dan kontranya. Jadi kalau kamu ingin memakai produk yang ada kandungan ini didalamnya atau tidak, maka itu semua kembali ke pilihanmu sendiri ladies.


1 comment

  • Teknik Pakai Foundation buat Kulit Kering – media.iyaa.com

    […] Pilih primer dengan dimethicone Pakai primer dengan kandungan dimethicone untuk menciptakan pelindung antara kulit dan makeup. Dimethicone adalah polimer berbasis silikon […]

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.