Now Reading:
Benarkah Pasta Gigi Bisa Mengempiskan Jerawat? Ternyata…
Full Article 2 minutes read

Benarkah Pasta Gigi Bisa Mengempiskan Jerawat? Ternyata…

iyaa.com | Jakarta: Banyak cara dilakukan untuk mengempiskan jerawat, salah satunya adalah dengan mengoleskan pasta gigi atau odol ke jerawat.

Kok bisa ya tiba-tiba pasta gigi yang biasa kita pakai untuk membersihkan gigi jadi alternatif obat penghilang jerawat? Rupanya ini dia asal mula pasta gigi dipakai sebagai obat jerawat, dan kebenaran apakah bisa pasta gigi dipakai untuk mengempiskan jerawat.

Kenapa pasta gigi digunakan sebagai obat jerawat?
Dilansir dari Huda Beauty, dulu pasta gigi menggunakan triclosan (zat antibakteri dan anti-jamur yang ada di sabun, deterjen, mainan, dll) sebagai salah satu bahan kandungannya.

Karena punya sifat antimikroba yang kuat, maka kandungan ini dipercaya juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit. Itu sebabnya pasta gigi disebut bisa mengatasi masalah jerawat.

Sayangnya belakangan ini pasta gigi tidak lagi menggunakan triclosan di dalamnya. Kenapa? Soalnya kandungan ini menuai perdebatan apakah mereka justru membuat kita kebal karena efeknya yang kuat. Selain itu, triclosan juga dikatakan mengganggu perkembangan hormonal.

Bagaimana pasta gigi sekarang?
Pasta gigi yang sekarang memang dapat ‘mengeringkan’ jerawat, tetapi kurang efektif dibanding perawatan konvensional.

Pasta gigi sekarang mengandung bahan-bahan seperti baking soda, hidrogen peroksida, menthol (dan kadang triclosan), yang mana bahan-bahan tersebut menarik kelembapan dari jerawatmu. Jadi sebenarnya pasta gigi tidak lebih baik daripada krim atau lotion jerawat yang dijual.

Pasta gigi didesain untuk gigi dan buka kulit. Jadi kalau digunakan untuk jerawat, bahan kandungannya memang bisa mengeringkan jerawat. Tapi bahan tersebut juga dapat menyakiti kulit.

Apalagi biasanya orang hanya fokus untuk menghilangkan jerawat, jadi setelah jerawatnya hilang (karena pasta gigi) tidak terlalu diperhatikan lagi spot itu. Jadi bisa saja setelahnya kulitmu malah kemerahan.


Leave a Reply