Now Reading:
Bingung dengan Tipe Kulitmu? Ikuti 3 Percobaan Ini untuk Mengetahuinya!
Full Article 3 minutes read

Bingung dengan Tipe Kulitmu? Ikuti 3 Percobaan Ini untuk Mengetahuinya!

iyaa.com | Jakarta: Apakah tipe kulitmu kering, berminyak, normal, atau kombinasi? Kamu mungkin tahu tipe kulitmu, namun bukan tidak mungkin tipe kulitmu akan berubah loh.

Tahu tipe kulit kelihatannya sepele, padahal sebenarnya tidak. Mengetahui tipe kulit memudahkan kamu mencari produk yang sesuai serta cara merawatnya. Dilansir dari Independent UK, berikut 3 percobaan yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui tipe kulitmu dan bagaimana perawatannya nanti.

Bagaimana tekstur kulitmu?
Tekstur memperlihatkan dengan jelas seperti apa kondisi kulitmu dan produk apa yang harus kamu pakai. Kalau kulitmu terasa ketarik maka kulitmu kering, kalau kulitmu mengkilap itu artinya kulitmu berminyak.

Kalau kulitmu kering tapi mengkilap di area T-Zone artinya kulitmu kombinasi. Lalu kalau kulitmu mudah memerah atau gatal kalau pakai produk ber-fragrance, alkohol, dsb, maka kamu sensitif, dan kalau tidak merasakan apa pun artinya kulitmu normal.

Perhatikan pori-porimu!
Kita semua punya pori-pori yang terlihat tidak peduli apa pun tipe kulitmu. Yang membedakannya adalah ukuran serta apakah pori-porimu sering tersumbat atau tidak.

Orang dengan pori-pori besar, terutama area hidung, berarti tipe kulitnya berminyak. Kalau ukuran pori-pori kecil artinya kulitnya kering. Lalu untuk kulit kombinasi, pori-pori mereka cenderung besar di area hidung namun kecil di area lainnya. Dan kalau kulit normal pori-porinya kurang kelihatan.

Seberapa sering butuh pelembap?
Semua tipe kulit perlu pakai pelembap agar tetap sehat dan terhidrasi. Namun untuk mengetahui tipe kulitmu kamu perlu mengetahui seberapa sering kamu mengaplikasikan pelembap.

Bagi yang kulitnya berminyak, beberapa pelembap meninggalkan kesan greasy di wajah. Lalu yang kulitnya kering, perlu produk pelembap yang kekuatan melembapkannya ekstra. Untuk kulit kombinasi, kamu perlu mengaplikasikannya di beberapa area saja, sementara kulit normal cenderung tetap terhidrasi sepanjang hari.

Foto: Lets Shave

Kalau kamu sudah mengetahui tipe kulitmu, lantas bagaimana cara merawatnya? Ini dia jawabannya.

Kulit berminyak: Hindari krim yang teksturnya berat. Tidak perlu takut pakai produk dari oil. Waspada dengan produk yang mengandung alkohol lantaran dapat mengikis minyak alami kulit

Kulit kering: Perlu hidrasi lebih. Cari krim yang didesain untuk mencegah hilangnya kelembapan, dan pastikan pilih produk yang ada kandungan hyaluronic acid-nya.

Kulit kombinasi: Perlu keseimbangan, jadi pilih produk yang mengandung jojoba oil. Lalu gunakan juga pembersih yang sifatnya ringan. Pakai pelembap di area pipi dan produk yang tepat di area T-Zone untuk mengontrol minyak.

Kulit normal: Kamu beruntung karena tidak perlu ribet. Cukup hindari produk yang terlalu keras untuk kulit.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.