Now Reading:
Lakukan Fish Pedicure, Wanita Ini Kehilangan Kuku Kakinya
Full Article 2 minutes read

Lakukan Fish Pedicure, Wanita Ini Kehilangan Kuku Kakinya

iyaa.com | Jakarta: Fish pedicure atau terapi ikan sudah tak asing sebagai salah satu perawatan kaki. Selain membersihkan sel kulit mati, fish pedicure juga untuk relaksasi.

Namun bukannya mendapat manfaat, seorang wanita berusia 20 tahun justru kehilangan semua kuku kakinya. Hal ini dilaporkan dalam jurnal JAMA Dermatology, seperti dilansir dari New York Daily News, Rabu (4/7/2018).

Wanita tersebut mengatakan kuku kakinya mulai lepas saat ia merendam kakinya dalam kolam air yang diisi ikan Garra rufa. Ikan yang dikenal “dokter ikan” itu memang biasa digunakan dalam fish pedicure. Jika tak ada plankton sebagai makanan mereka, ikan ini akan menggigit sel kulit mati manusia.

Wanita tersebut mengaku ia tak mengalami rasa sakit atau trauma di kaki sebelumnya. Disebut dokter, berdasarkan Shari Lipner penulis laporan tersebut, fish pedicure mungkin bisa dikaitkan dengan diagnosis onychomadesis, suatu kondisi yang menyebabkan kuku tanggal.

“Daya tarik fish pedicure mungkin karena klaim tak berdasar bahwa perawatan ini mampu membuat kulit lebih halus dan beraroma lebih segar, meningkatkan sirkulasi, menghilangkan jamur dan bakteri, mengobati psoriasis dan eksim,” tulis Lipner.

Ia memperingatkan bahwa perawatan ini dapat menyebabkan infeksi.

“Pertama, kolam dan ikan tidak dapat dibersihkan secara memadai di antara orang-orang yang menjalani perawatan ini, dan ikan yang sama biasanya digunakan kembali untuk orang berikutnya. Maka ada kekhawatiran penularan infeksi di antara mereka,” jelas Lipner.

Fish pedicure telah dilarang di 10 negara bagian di Amerika dan beberapa negara Eropa menurut laporan itu.

Meskipun tidak ada tes untuk mengkonfirmasi penyebab penyakit ini, Lipner cukup yakin ini diawali dari ikan tersebut, “Ada kemungkinan trauma langsung disebabkan oleh ikan yang menggigit beberapa kuku menyebabkan berhentinya produksi pelat kuku.”


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.