Now Reading:
8 Tips Merawat Kuku agar Tak Mudah Rapuh
Full Article 2 minutes read

8 Tips Merawat Kuku agar Tak Mudah Rapuh

iyaa.com | Jakarta: Tak hanya dipercantik dengan nail art, kuku juga wajib dirawat agar tetap sehat dan tidak mudah patah. Namun melakukan perawatan kuku secara berlebihan juga tak disarankan karena bisa membuat kuku rapuh.

D’Anne M. Kleinsmith, MD, dari William Beaumont Hospital di Royal Oak, Michigan, Amerika, memberikan tips mudah merawat kuku, tanpa perlu rutin manikur, dilansir dari Everyday Health.

1. Minum Suplemen Biotin
Selama kita mengkonsumsi makanan sehat, kita tak perlu suplemen untuk memperkuat kuku. Namun menurut Kleinsmith, orang-orang dengan kuku rapuh memerlukan suplemen biotin (vitamin B7). Kleinsmith sendiri telah membuktikan manfaat biotin untuk kukunya yang rapuh.

2. Hindari Aseton
Menggunakan cat kuku boleh-boleh saja asal jangan terlalu sering. Sebab kuku juga perlu bernapas. Namun sebaiknya hindari remover atau penghapus cat kuku yang mengandung aseton karena berbahaya untuk kuku.

Foto: freepik.com/nikitabuida

3. Lembapkan Kutikula
Memotong atau mendorong kutikula terlalu agresif bisa membuatnya rusak. Hal ini menyebabkan bantalan kuku terbuka dan akhirnya infeksi.

Kleinsmith menyarankan untuk melembapkan kutikula dan jangan memotong atau mendorong kutikula meski saat perawatan manikur dengan ahlinya. Hati-hati dengan tanda infeksi seperti kemerahan, nyeri, bengkak, dan bahkan nanah di kutikula. Temui dokter jika terjadi infeksi.

4. Rajin Potong Kuku
Memotong kuku secara teratur membantu kuku tetap sehat. Sekaligus menghindari kuku tersangkut atau patah. Seberapa sering kamu memotong kuku tergantung seberapa cepat kukumu tumbuh.

5. Bersihkan dengan Sikat Kuku
Untuk membersihkan kotoran di bawah kuku, sebaiknya gosok dengan lembut menggunakan sikat khusus kuku. Membersihkan dengan alat yang panjang dan runcing bisa membuat celah antara kuku dan batalan kuku. Hal ini justru dapat menyebabkan masuknya bakteri atau jamur.

6. Gunakan Sarung Tangan
Gunakanlah sarung tangan ketika mencuci piring. Kuku bisa rapuh jika terus-menerus terkena air sabun. Selain itu lindungi kuku dengan memakai sarung tangan jika melakukan pekerjaan seperti berkebun atau beres-beres rumah.

Foto: freepik.com/nensuria

7. Manikur Secara Sederhana
Lakukan perawatan manikur secara sederhana agar kesehatan kuku terjaga. Hindari juga penggunaan kuku akrilik atau kuku palsu karena bisa menyebabkan infeksi.

8. Hati-Hati Terhadap Infeksi Jamur
Kemerahan, bengkak, dan nyeri merupakan tanda infeksi bakteri. Namun kuku juga bisa terinfeksi jamur seperti bengkak, kemerahan, dan iritasi di bantalan kuku. Infeksi jamur bisa membaik dengan obat antijamur yang dijual bebas. Namun kadang-kadang perlu resep dokter.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.