Now Reading:
Panduan Memilih Cleanser yang Sesuai dengan Tipe Kulitmu (Bag.1)
Full Article 2 minutes read

Panduan Memilih Cleanser yang Sesuai dengan Tipe Kulitmu (Bag.1)

iyaa.com | Jakarta: Langkah penting untuk merawat kulit wajah adalah dengan membersihkannya secara teratur dengan cleanser.

Banyaknya cleanser yang dijual pun mempermudah kita untuk menentukan yang cocok dengan kulit kita sendiri. Namun karena ada banyak pilihan, kita jadi asal menggunakan cleanser, apalagi kalau produknya sedang hype.

Biar tidak bingung lagi coba deh ikuti panduan berikut ini untuk mencari produk cleanser yang sesuai dan efektif untuk kulitmu, seperti dilansir dari Huda Beauty.

Gel Cleanser

Foto: Casha Beauty

Cleanser yang satu ini sangat cocok untuk pemilik kulit berminyak dan acne-prone. Formulanya dapat menembus pori-pori yang tersumbat, mengurangi produksi minyak berlebih, dan beberapa diantaranya punya kandungan anti-bakterial.

Gel cleanser ideal untuk deep cleaning tanpa mengikis kelembapan alami kulit. Meski demikian, ingredients tertentu dalam gel cleanser bisa saja mengikis kelembapan kulit karena kandungannya terlalu kuat.

Kalau bisa pilih gel cleanser yang punya kandungan ini: Alpha Hydroxy Acids, Glycolic Acid, Tea Tree Oil, atau Witchhazel.

Cream Cleanser

Foto: Girl Up North

Cleanser yang satu ini sangat cocok untuk pemilik kulit kering, sensitif, dan aging skin karena formulanya yang sangat melembapkan. Cleanser ini juga dapat membersihkan makeup. Jadi kalau kamu sehari-hari pakai makeup cukup berat, maka bersihkan dulu dengan micellar water lalu lanjutkan dengan cream cleanser.

Tapi perlu diperhatikan, cleanser jenis ini dapat menyumbat pori-pori. Jadi kalau ingin menggunakan cream cleanser pilih yang berlabel non-comedogenic dan non-acnegenic.

Untuk hasil terbaik, pilih cream cleanser yang punya kandungan ini: Vitamin E, Jojoba, Shea butter.

Foam Cleanser

Foto: YouTube Wishtrend Beauty Lab

Sama seperti gel, cleanser ini juga cocok untuk pemilik kulit berminyak dan acne-prone. Cleanser jenis ini juga ampuh untuk membersihkan makeup dan mengangkat kotoran serta minyak dari wajah.

Tapi ada beberapa mitos seputar cleanser satu ini. Ada yang bilang kalau formulanya terlalu keras untuk kulit. Jadi sebaiknya hindari foam cleanser yang punya kandungan sodium laurel sulphate. Tapi kalau kamu terlanjur punya foam cleanser yang ada kandungan tersebut, jangan lupa pakai toner setelahnya. Dan kalau sudah habis, ganti ke produk yang tidak ada kandungan tersebut.

Sebaiknya pilih foam cleanser yang punya kandungan ini: Tea Tree Oil, Salicylic Acid, Glycolic Acid, Benzoyl Peroxide.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.