Now Reading:
Panduan Memilih Cleanser yang Sesuai dengan Tipe Kulitmu (Bag.2)
Full Article 3 minutes read

Panduan Memilih Cleanser yang Sesuai dengan Tipe Kulitmu (Bag.2)

iyaa.com | Jakarta: Semua produk kecantikan yang kamu pakai sebaiknya dicocokkan dengan tipe kulitmu ladies, begitu juga dengan cleanser atau pembersih wajah.

Meski demikian masih banyak orang yang salah dalam memilih cleanser untuk kulitnya. Padahal cleanser yang sesuai dengan tipe kulitmu akan memberikan hasil yang jauh lebih efektif dibanding yang tidak.

Tapi memilih cleanser itu gampang-gampang susah. Supaya kamu lebih terarah dalam memilih cleanser, ikuti deh panduan berikut ini.

Oil Cleanser

Foto: The Beauty Collection

Kepopularan K-Beauty membuat cleanser yang satu ini ikut popular, terlebih untuk yang mengikuti teknik double cleansing. Oil cleanser sangat cocok untuk pemilik kulit kering, sensitif, yang punya eczema, dan ampuh untuk mengangkat makeup.

Cara kerja cleanser ini yaitu menarik sebum, kotoran, dan sisa makeup dengan minyak baik. Jadi saat dibilas, semua minyak tersebut tersapu air. Cleanser ini sangat gentle dan tidak menyumbat pori-pori.

Oil cleanser juga menyeimbangkan dan mempertahankan pH alami kulit, mencegah produksi minyak berlebih, memperbaiki tekstur kulit, dan mempertahankan kelembapan alami kulit.

Bagi yang kulitnya acne-prone, pilih yang punya kandungan gliserin atau silikon karena keduanya non-comedogenic dan non-acnegenic. Hindari juga paraben, petrolatum, phthalates, dan sodium laurel sulphate.

Untuk hasil yang terbaik maka pilih oil cleanser yang punya kandungan: Grape seed, Almond oil, Sunflower seed oil, Argan oil, Green Tea, Vitamin E.

Milk Cleanser

Foto: Bombay Brow Bar

Cleanser ini sangat efektif untuk pemilik kulit normal, kering, sensitif, dan aging skin karena formulanya cukup lembut, yaitu emulsi dari air dan lemak.

Cleanser ini bisa menghilangkan sisa makeup (bukan makeup berat), kotoran, dan sebum tanpa mengikis kelembapan kulit. Milk cleanser hanya diusap ke wajah dengan gerakan memutar, lalu diseka dengan tisu dan jangan dibilas dengan air.

Kalau bisa pilih milk cleanser yang punya kandungan ini: yang dari bahan alami seperti mentimun, rice bran oil, Vitamin E, Hyaluronic Acid/Sodium Hyaluronate.

Water Cleanser atau Micellar Water

Foto: instagram/garnierusa

Cleanser ini sangat cocok untuk pemilik kulit sensitif, acne-prone, juga normal. Cleanser ini terlihat seperti air, tapi formulanya juga mengandung molekul minyak (micelles) yang tersuspensi dalam air.

Micelles ini mengandung surfaktan yang mana menarik makeup, kotoran, dan sebum. Formulanya tidak memiliki bahan kimia yang berbahaya sehingga dapat menghidrasi kulit. Kalau kamu sering tampil full makeup, micellar water bisa digunakan sebagai alternatif toner sehingga kulit tidak akan kering.

Micellar water juga bisa digunakan semua jenis kulit loh. Sebisa mungkin pilih micellar water yang punya kandungan ini: Vitamin, Rose Water, Rose Oil, atau Hibiscus.

Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.