Now Reading:
Stop Percaya 14 Mitos Jerawat Ini! Begini Fakta Sebenarnya! (Bag.1)
Full Article 3 minutes read

Stop Percaya 14 Mitos Jerawat Ini! Begini Fakta Sebenarnya! (Bag.1)

iyaa.com | Jakarta: Jerawat menjadi masalah banyak orang. Penyebabnya pun beragam, entah itu karena pola makan atau karena kamu sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Kalau jerawat muncul, tentunya kita ingin segera menghilangkannya dengan segala cara. Tapi apa cara-cara yang selama ini kamu tahu itu benar bisa menghilangkan jerawat? Atau itu hanya mitos belaka.

Daripada bingung lagi, simak mitos dan fakta seputar jerawat dari dermatologis Dr Anjali Mahto yang dilansir dari Cosmopolitan.

1. Mitos: Jerawat beda dengan bintik noda
Fakta: Banyak yang percaya kalau jerawat beda dengan bintik. Faktanya, keduanya ternyata sama saja. Jerawat merupakan istilah medis dokter yang digunakan untuk menggambarkan bintik noda membandel.

Foto: Body Sculpting Regina

2. Mitos: Jerawat hanya dialami remaja
Fakta: Ini hanya mitos belaka karena orang dewasa pun dapat berjerawat. Di usia dewasa, kondisi jerawat terdiri dari 2 sub tipe yaitu ‘persisten acne’ (jerawat berkelanjutan dari remaja) dan ‘late-onset acne’ (jerawat yang muncul di usia 25 tahun).

3. Mitos: Jerawat dewasa lebih banyak dialami wanita daripada pria
Fakta: Kalau yang ini fakta ladies. Kira-kira 12-22% wanita berjerawat dibanding pria yang presentasenya hanya 3%. Ini disebabkan karena wanita lebih sensitif akan perubahan hormon, misalnya saat akan menstruasi.

4. Mitos: Jerawat karena faktor genetik
Fakta: Genetik punya peran besar dalam pertumbuhan jerawat. Beberapa studi menunjukkan hampir 80% jerawat disebabkan genetik. Sayangnya belum diketahui pasti penyebab mengapa itu terjadi.

Foto: Pixabay @dbreen

5. Mitos: Gaya hidup mempengaruhi jerawat
Fakta: Ada beberapa bukti kalau mengkonsumsi dairy (produk dari susu) dan makanan dengan index GI yang tinggi dapat merangsang jerawat. Oleh sebab itu batasi konsumsi makanan tadi dan mulai konsumsi makan-makanan sehat.

Tak hanya itu, stress dapat merangsang banyak penyakit kulit termasuk jerawat. Jadi untuk mengatasinya maka lakukan meditasi atau berolahraga.

6. Mitos: Jerawat disebabkan kulit yang tidak bersih
Fakta: Jerawat terjadi karena banyak proses. Jerawat merupakan gangguan dari unit pilosebaceous kulit, yang terdiri dari kelenjar penghasil minyak, folikel rambut, dan rambut. Ukuran dan kegiatan kelenjar tadi dipengaruhi oleh level hormon.

Dalam kegiatan tertentu kelenjar penghasil minyak tadi ukurannya membesar dan menghasilkan banyak minyak. Sel kulit mulai menjadi ‘lengket’ dan memerangkap pori-pori. Lalu bakteri yang dikenal dengan P.Acne bertambah banyak dan menghasilkan jerawat di kulit.

7. Mitos: Jerawat bisa menular
Fakta: Ingat, jerawat tidak menular! Bakteri penyebab jerawat tidak dapat menyebar seperti bakteri infeksi. Meskipun tidak menyebar, tapi bukan ide baik juga kalau kamu berbagi handuk atau bantal dengan orang lain.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.