Now Reading:
Stop Percaya 14 Mitos Jerawat Ini! Begini Fakta Sebenarnya! (Bag.2)
Full Article 3 minutes read

Stop Percaya 14 Mitos Jerawat Ini! Begini Fakta Sebenarnya! (Bag.2)

iyaa.com | Jakarta: Penyebab munculnya jerawat bisa karena apa saja. Bahkan katanya makan coklat dan junkfood juga bisa menimbulkan jerawat di wajah. Tapi apa benar demikian?

Daripada bingung-bingung, simak deh penjelasan dari dermatologis Dr Anjali Mahto seputar mitos dan fakta jerawat, yang dilansir dari Cosmopolitan.

8. Mitos: Kulit acne-prone butuh pelembap
Fakta: Melembapkan kulit membantu mempertahankan fungsi lapisan dan vital untuk kesehatan kulit. Bahkan pemilik kulit berminyak pun butuh pelembap, begitu juga dengan pemilik kulit acne-prone.

9. Mitos: Hindari produk yang kasar
Fakta: Orang yang berjerawat umumnya menghindari produk yang kasar (scrub). Produk tersebut bagus bagi pemilik kulit berminyak untuk eksfoliasi gentle. Pemakaian dalam jangka lama juga bisa mengurangi blackheads. Yang penting jangan berlebihan saat eksfoliasi, atau kulitmu justru akan berakhir iritasi.

Foto: Pixabay @aleksandra85foto

10. Mitos: Coklat bikin jerawat tambah parah
Fakta: Coklat sering dikaitkan dengan jerawat. Penelitian baru-baru ini menunjukkan kalau konsumsi coklat di hadapan bakteri P. acnes memberi hasil peningkatan bahan kimia yang menyebabkan peradangan.

Tapi kaitan antara keduanya masih lemah dan itu mungkin merupakan komponen spesifik dalam coklat itu sendiri yang berperan, yang mana berasal dari susu sapi dimana susu sapi mengandung hormon dan gula.

11. Mitos: Hindari makeup
Fakta: Ini sering dilakukan orang yang berjerawat. Padahal kalaupun berjerawat kamu tetap boleh pakai makeup. Yang penting adalah pemilihan produk makeup yang tepat.

12. Mitos: Steroid dapat menghilangkan jerawat
Fakta: Suntik steroid merupakan metode berguna untuk menyembuhkan jerawat sistik. Steroid dapat disuntikkan langsung ke acnelesion dan ini akan meratakan jerawat sistik dalam waktu 42-72 jam. Tapi prosedur ini harus dilakukan dalam pengawasan dermatologis.

Foto: BuzzMixer

13. Mitos: Jangan pencet jerawat
Fakta: Kalau yang ini fakta dan jangan pernah dilakukan ya. Emang sih dorongan untuk memencet jerawat tuh besar banget ya, tapi kalau jerawat kamu pencet nantinya kulitmu akan meninggalkan tanda bekas atau luka permanen.

Untuk mengatasi jerawat, sebaiknya aplikasikan spot acne treatment secara langsung ke area jerawat agar mengering dan membantu mengatasi peradangan. Kalau jerawatmu parah, sebaiknya langsung datangi dokter untuk mendapatkan perawatan dan nasihat seputar kulitmu.

14. Mitos: Jerawat bisa mendeteksi masalah kesehatan
Fakta: Ini juga sering dipercaya banyak orang. Padahal hanya ada sedikit bukti yang menunjukkan letak jerawat dapat memperlihatkan masalah kesehatan seseorang. Namun, jerawat di area tertentu dapat disebabkan faktor yang spesifik.

Jerawat di dahi atau jidat bisa disebabkan styling products, topi, atau helm. Kalau jerawat di pipi dan garis rahang bisa disebabkan karena handphone plus panas handphone. Terakhir, kalau jerawat sering di garis rahang atau sekitar mulut maka itu menunjukkan perubahan hormon.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.