Now Reading:
6 Langkah Mudah Supaya Kulitmu Terlihat Awet Muda
Full Article 3 minutes read

6 Langkah Mudah Supaya Kulitmu Terlihat Awet Muda

iyaa.com | Jakarta: Age is just a number…kamu pasti sering dengar kata-kata itu kan.

Usia seseorang memang hanya angka, tapi usia kulit tidak. Walaupun baru masuk usia 20-an, ada loh orang yang usia kulitnya ternyata sudah 30-an. Begitu juga sebaliknya, bisa jadi ada orang usianya 40 tahun tapi usia kulitnya justru 29 tahun.

Kok bisa ya? Salah satu penyebab bertambahnya usia kulit adalah karena paparan sinar UV, yang mana mempercepat proses penuaan kulit. Terus bagaimana caranya supaya kulit kita awet muda? Caranya mudah kok, dilansir dari Everyday Health kamu cukup ikuti 6 langkah ini.

Foto: Twindly

1. Gunakan produk skincare yang tepat
Produk skincare ada banyak rupanya, dan masing-masing produk memberi klaim yang berbeda. Daripada bingung-bingung, kamu cukup pilih skincare yang punya 3 kandungan ini:
– Pilih serum yang mengandung antioksidan seperti vitamin C
– Masukkan retinoid dalam rutinitas skincare karena retinoid dapat menstimulasi pembentukan kolagen baru
– Gunakan AHA eksfoliasi supaya sel kulit mati terangkat

2. Jangan lupakan SPF
Sudah disinggung di atas, sinar UV merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Itu sebabnya selalu lindungi kulitmu dari paparan sinar UV dengan mengaplikasikan sunscreen. Tidak peduli panas, mendung, atau hujan sekali pun, jangan lewatkan sunscreen. Pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF30 sampai SPF50 saja.

Foto: Fasheholic

3. Pilih foundation yang ringan
Cewek yang suka dandan tentu tidak akan melewatkan produk yang satu ini. Kalau ingin kulitmu awet muda, kamu bisa tetap pakai foundation namun pakai yang ringan saja. Soalnya foundation yang berat (full coverage) cenderung punya ingredients yang bikin kulit kering dan masuk ke dalam garis-garis halus. O ya, hindari juga produk dengan powder base.

4. Jauh-jauh dari glitter
Makeup dengan shimmer dan glitter memang terlihat attractive, namun mereka dapat membuat kerutan di wajah lebih terlihat.

Foto: Toronto Star

5. Rawat juga area tangan
Area tangan seringkali tidak diperhatikan perawatannya. Padahal tangan kita sering menyentuh sabun atau detergen, yang mana dibuat dari bahan kimia. Jadi kalau kamu mencuci pakaian atau cuci piring, jangan lupa untuk pakai sarung tangan. Dan jangan lupa lembapkan juga tanganmu.

6. Jangan lupa lembapkan area leher
Sama seperti tangan, area yang satu ini juga sering banget dianaktirikan. Padahal kulit leher merupakan area yang lebih cepat menunjukkan tanda penuaan dibanding anggota tubuh lain.

So, jangan lupa untuk merawat area leher juga. Caranya bagaimana? Pertama, lembapkan setiap pagi dan malam. Kedua, eksfoliasi 1-2 kali setiap minggunya. Dan ketiga, aplikasikan sunscreen setiap harinya.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.