Now Reading:
Mengenal Freckles, Solar Lentigo, dan Kanker Kulit
Full Article 3 minutes read

Mengenal Freckles, Solar Lentigo, dan Kanker Kulit

iyaa.com | Jakarta: Freckles, baik yang alami maupun riasan, telah menjadi tren di dunia kecantikan dan fashion. Tengok saja Meghan Markle yang mengenakan riasan natural dengan menonjolkan freckles di hari pernikahannya.

Freckles umumnya terjadi pada anak-anak akibat paparan sinar matahari. Freckles merupakan salah satu tiga jenis utama pigmentasi kulit atau bercak/noda, seperti yang disebut Dr Daniel Glass dari The Dermatology Clinic London, dilansir dari Harpers Bazaar, Kamis (12/7/2018). Berikut ini penjelasannya.

1. Freckles
Freckles merupakan area kecil datar berwarna pucat hingga coklat gelap di kulit. Hal ini disebabkan kelebihan pigmen melanin yakni melanosit, karena reaksi langsung dari paparan sinar UV. Reaksi ini terjadi pada orang-orang dengan varian gen tertentu yang disebut MC1R.

Secara visual, orang-orang dengan varian ini memiliki rambut merah dan kulit pucat, serta lebih mudah dan cepat terbakar saat di bawah sinar matahari. Freckles biasanya tampak pada area kulit yang terpapar sinar matahari selama bulan-bulan musim panas, dan cenderung memudar saat musim dingin.

Foto: instagram/rantymaria, instagram/chelseaislan

2. Solar Lentigo
Saat kita tumbuh dan berkembang, freckles bisa berubah menjadi solar lentigo atau noda datar berwarna coklat. Abrasi kulit ini cenderung menumpuk seiring bertambahnya usia akibat paparan sinar matahari. Dan begitu muncul di kulit, tak akan memudar saat musim dingin.

Solar lentigo tidak bersifat kanker dan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, tapi umumnya ada di lengan bagian bawah, punggung tangan, bahu, dan wajah.

Solar lentigo yang muncul di punggung saat usia lanjut dikaitkan dengan paparan sinar matahari saat masih anak-anak. Menghindari sinar matahari, penggunaan sunscreen ber-SPF tinggi dengan broad spectrum, dan mengenakan pakaian yang sesuai bisa mengurangi munculnya solar lentigo baru di kemudian hari.

3. Lentigo Maligna Melanoma
Freckles dan solar lentigo tidak berbahaya dan benar-benar jinak, tapi seringkali sulit dikenali antara keduanya dengan kanker kulit yang disebut “lentigo maligna melanoma”.

Jenis kanker kulit ini juga tampak berwarna coklat atau hitam, berbentuk tidak beraturan, dan tumbuh dengan sangat lambat. Ini terjadi pada area kulit yang terkena sinar matahari seperti wajah, leher, dan lengan bawah. Jika kamu lihat ada bintik coklat dengan kombinasi warna dan bentuk tak beraturan, penting untuk meminta saran medis sesegera mungkin, karena biopsi mungkin diperlukan.

Foto: instagram/victoria_makeupatelier

Jadi, buat kamu yang punya freckles alami, jangan lupa selalu gunakan sunscreen yang tinggi seperti SPF50 dengan perlindungan UVA dan UVB. Tak perlu treatment khusus untuk freckles dan solar lentigo. Namun jika kamu ingin menghilangkannya, konsultasikan dengan dermatolog.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.