Now Reading:
Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama, Ternyata 6 Hal Ini Penyebabnya
Full Article 3 minutes read

Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama, Ternyata 6 Hal Ini Penyebabnya

iyaa.com | Jakarta: Kamu memperhatikan tidak kalau jerawatmu munculnya di tempat itu-itu lagi. Kalau iya kamu tahu tidak kenapa itu terjadi?

Kalau belum tahu yaudah deh kita kasih tahu alasannya. Dilansir dari Reader’s Digest, dipaparkan Dr. Alain Michon ternyata 6 hal ini penyebab jerawatmu muncul di area yang sama.

1. Menggunakan makeup yang tidak tepat
Yang penting dari makeup (juga produk skincare) sebenarnya bukan harganya, tapi kandungan di dalamnya.

“Comedogenic makeup menyebabkan penyumbatan di pori-pori dan menghasilkan jerawat breakout dari blackheads,” ungkap Dr. Michon.

“Kalau kulitmu hanya breakout di area tertentu saja, cek lagi label makeup yang kamu pakai dan lihat penyebabnya. Idealnya, makeup yang kamu pakai seharusnya non-comedogenic,” lanjutnya lagi.

2. Produk perawatan rambut
Kalau jerawatmu selalu tumbuh di area dahi, kemungkinan besar penyebabnya adalah produk perawatan rambutmu seperti shampoo, kondisioner, hair spray, atau produk lainnya.

“Produk-produk tersebut tidak untuk perawatan kulit, jadi kandungan di dalamnya dapat menyebabkan breakout,” jelas Dr. Michon.

Foto: YouTube Tameka

3. Mengaplikasikan makeup dengan kasar
Jerawat dapat muncul karena panas berlebih, tekanan, atau menggosok kulit.

“Kita melihat ini paling sering di area mata, seperti memakai eyeshadow. Saat pakai eyeshadow orang cenderung mengaplikasikannya dengan kuat. Ubah caramu pakai eyeshadow, dan kulitmu juga akan bersih dalam waktu dekat,” ungkap Dr. Michon.

4. Menyentuh wajah
Menggaruk wajah atau bertopang dagu tanpa sadar sering kita lakukan, bahkan menurut penelitian rata-rata orang menyentuh wajahnya adalah 3.6 kali per jam. Sayangnya kebiasaan ini mentransfer bakteri dari tangan ke wajah kita.

“Semakin sering kamu menyentuk area tertentu di wajah, semakin besar kemungkinan area tersebut terekspos bakteri dan minyak. Ini sangat bermasalah jika kamu makan-makanan berminyak dan sering menyentuh telinga atau dagu tanpa mencuci tangan setelah makan,” jelas Dr. Michon.

Foto: Sanova Dermatology

5. Menyentuh dan memencet jerawat
Begitu jerawat muncul, tangan kita rasanya gatal untuk memencet jerawat tersebut, apalagi kalau yang sudah matang. Tapi memencet jerawat ternyata bisa membuat jerawat muncul lagi di area yang sama.

“Meski memencet jerawat terlihat membebaskan kamu dari jerawat dengan cepat, tapi itu menyebabkan pori-pori dekat jerawatmu terekspos bakteri. Ini membentuk siklus yang membuat jerawat muncul di area yang sama. Bahkan kalau kamu langsung mencuci area kulit yang jerawatnya dipencet, itu tetap menyebabkan jerawat lagi,” terang Dr. Michon.

6. Hormon
Tidak hanya karena faktor luar, hormon pun berperan dalam siklus jerawat di tempat yang sama. Dan itu berkaitan dengan masalah kesehatan.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.