Now Reading:
6 Mitos dan Fakta Seputar Face Oil untuk Kulit
Full Article 3 minutes read

6 Mitos dan Fakta Seputar Face Oil untuk Kulit

iyaa.com | Jakarta: Beragam omongan seputar produk untuk kulit banyak kita dengar, salah satunya adalah face oil. Banyak yang bilang pemilik kulit berminyak jangan pakai face oil, tapi ternyata ada yang justru menganjurkannya.

So, mana yang benar? Daripada pusing-pusing, langsung saja yuk kita bahas mitos dan fakta seputar face oil yang dilansir dari Red Online.

1. Mitos: Face oil tidak efektif sebagai produk anti-aging
Fakta: Keriput muncul lantaran kulit dehidrasi, yang mana kulit jadi mengernyit dan muncul garis halus. Oil atau minyak akan menghentikan kulit dehidrasi dan mengunci kelembapan.

Bonusnya, kamu akan mendapat wajah yang terlihat muda. Beberapa face oil juga menawarkan antioksidan, dimana mereka memperlambat penuaan dan menetralkan radikal bebas.

Foto: Pixabay @tranhahai37

2. Mitos: Face oil menyebabkan breakout
Fakta: Minyak yang berasal dari bahan alami bukanlah penyebab breakout. Yang menyebabkan breakout itu karena kamu tidak memakai minyak yang sesuai dengan tipe kulitmu.

Minyak kelapa, grapeseed oil, dan avocado oil baik untuk kulit yang bersih. Ketiga minyak tadi merupakan comedogenic oils, jadi kalau kamu berminyak atau cenderung berjerawat dan memakai minyak tadi, tak heran wajahmu jadi breakout.

Untuk kulit acne-prone, cari minyak yang punya kandungan antibakteri dan anti-inflamasi seperti tea tree oil (tapi pakai yang sudah di dilute ya).

3. Mitos: Tipe kulit berminyak jangan pakai face oil
Fakta: Buat yang kulitnya berminyak, tidak masalah memakai face oil lantaran face oil akan membantu menyeimbangkan produksi minyak di wajahmu. Yang perlu diperhatikan adalah pilihlah face oil yang tepat.

Jojoba oil meniru produksi sebum kulitmu, jadi kulitmu tidak akan memproduksi berlebih lagi sebum di wajahmu. Selain jojoba oil, bisa juga pakai rose oil atau grapeseed oil.

Foto: The Flair Index

4. Mitos: Face oil tidak sebaik pelembap dalam menghidrasi kulit
Fakta: Minyak lebih mudah dan menembus lebih dalam lapisan kulit, jadi mereka lebih efektif sebenarnya dibanding krim pelembap. Ditambah lagi minyak alami seperti rosehip dan camelia kaya akan asam lemak omega 3, 6, dan 9 yang mana melindungi lapisan kulit dan mencegah kulit kehilangan kelembapan.

5. Mitos: Face oil dapat mengacaukan makeup
Fakta: Itu tidak benar. Justru face oil bisa jadi senjata ampuh kalau kamu ingin riasanmu terlihat glowing. Tapi aplikasikan hanya sedikit saja, dan pastikan face oil sudah menyerap. Kalau sudah baru aplikasikan makeup seperti biasa.

6. Mitos: Foam cleanser lebih baik dari face oil untuk deep cleaning
Fakta: Minyak bahkan membersihkan maskara waterproof yang sangat kuat sekali pun. Ditambah lagi, face oil juga tidak akan membuat kulitmu kering seperti cleanser lainnya. So, kamu tidak perlu khawatir kulitmu akan terasa seperti ketarik setelah membersihkan wajah.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.