Now Reading:
Perlu Tahu, Ini Macam-Macam Antioksidan untuk Kulit Wajah
Full Article 3 minutes read

Perlu Tahu, Ini Macam-Macam Antioksidan untuk Kulit Wajah

iyaa.com | Jakarta: Kamu tentu sudah tak asing dengan kandungan antioksidan dalam produk skincare milikmu. Namun tahukah kamu apa itu sebenarnya antioksidan dan apa saja macamnya?

Antioksidan adalah vitamin dan mineral alami, seperti vitamin A, C, E, dan teh hijau yang melindungi kulit dari radikal bebas, yakni molekul yang merusak kulit dengan menempel pada kolagen dan melemahkan elastisitas.

“Radikal bebas beradal dari polusi udara, bahan kimia, asap rokok, dan mereka pada dasarnya menyedot kehidupan dari wajah,” kata dermatolog Mona Gohara, M.D., dari Universitas Yale, dilansir dari Marie Claire, Jumat (20/7/2018).

Green Tea: untuk menyejukkan
“Green tea kaya akan polifenol yang tak hanya menangkal radikal bebas, tapi juga bekerja sebagai anti-inflamasi untuk mempercepat penyembuhan luka,” jelas dermatolog Melissa Kanchanapoomi Levin, MD, dari NYU Langone dan Mount Sinai Hospital.

Green tea bermanfaat untuk siapa saja yang mengalami rosasea,psoriasis, kulit sensitif, dan berjerawat. Namun bukan berarti kamu memakai teh kantung untuk wajahmu. Sebab konsentrasi antioksidannya kemungkinan terlalu rendah sehingga tak efektif. Sebaiknya pakailah serum atau pelembab mengandung green tea, biasanya tertulis camellia sinensis leaf extract di daftar ingredients.

 

Vitamin C: untuk mencerahkan
Vitamin C (L-ascorbic acid) merupakan antioksidan yang bagus untuk mencerahkan kulit kusam. Sama seperti green tea, vitamin C juga menyejukkan dan menghidrasi kulitmu. Sama juga seperti retinol, vitamin C meningkatkan produksi kolagen untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit.

Untuk dapat melihat hasilnya, selama 6-8 minggu vitamin C akan mencerahkan hiperpigmentasi dan bintik hitam, serta wajah secara keseluruhan.

Foto: freepik.com/nensuria

Vitamin A: untuk anti-aging
Vitamin A sebenarnya adalah retinol atau lebih tepatnya Vitamin A yang terkonsentrasi. Retinol mampu menghaluskan garis halus, kerutan, benjolan kecil, kulit kasar, serta mencerahkan kulit, memudarkan bekas luka dan noda hitam, dan mengurangi jerawat (bahkan jerawat kistik hormonal).

Namun retinol punya efek samping, yakni dalam beberapa minggu pemakaian dapat menyebabkan jerawat, kering, dan flaky. Namun hasilnya terlihat dalam 3-6 bulan. Aplikasikan retinol pada malam hari sekali seminggu dalam satu pekan, dua kali seminggu dalam dua pekan, tiga kali seminggu dalam tiga pekan, dan kemudian setiap hari.

Catatan: Karena retinol hanya dipakai malam hari, kamu bisa memakai antioksidan lain pada pagi harinya. Namun hindari penggunaan retinol bersama vitamin C jika kulitmu sensitif karena dapat menyebabkan iritasi.

 

Vitamin E: untuk melembapkan
Secara teknis, vitamin E atau tocopherol adalah yang terbaik untuk segala hal dan siapapun. Vitamin E merupakan anti-inflamasi alami, perisai kuat untuk melawan radikal bebas dan penuaan dini, serta menjaga agar kulit lembut dan lentur, yang merupakan kunci mencegah pembentukan bekas luka.

Vitamin E memang cukup kuat untuk melawan radikal bebas. Apalagi bila dikombinasikan dengan vitamin C. Selama kulitmu tak sensitif, coba gunakan dua produk tersebut di pagi hari, seperti pelembab di atas serum, atau oil di atas pelembap.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.