Now Reading:
9 Mitos Seputar Kuku yang Biasa Kita Dengar, Faktanya Ternyata…(Bag.1)
Full Article 2 minutes read

9 Mitos Seputar Kuku yang Biasa Kita Dengar, Faktanya Ternyata…(Bag.1)

iyaa.com | Jakarta: Sama seperti hal-hal di dunia kecantikan lainnya, kuku pun juga penuh dengan beragam mitos loh ladies. Tapi apa benar semua mitos itu?

Daripada bingung, yuk langsung kita cari tahu mitos dan fakta seputar kuku seperti dilansir dari V Nail Pro ini.

1. Mitos: Cat kuku tidak baik untuk kuku
Fakta: Kuku terdiri dari kulit mati, itu sebabnya jangan dirusak lagi. Faktanya, kuku mati adalah alasan kenapa produsen perawatan kuku mampu berkembang pesat, dan juga mampu bereksperimen dengan mereka.

Tapi bukan berarti kamu dapat memmberikan kimia apa pun ke kuku. Dasar kuku kita hidup, jadi kalau kurang perawatan dapat menyebabkan bahaya untuk kuku.

Foto: HTV

2. Mitos: Bintik putih artinya kekurangan vitamin
Fakta: Ini merupakan mitos kuku yang paling dipercaya. Bintik putih di kuku bukan disebabkan kurang vitamin seperti kalsium atau zat besi (kalau waktu kecil sih katanya sih ada yang naksir). Munculnya bintik putih itu karena hasil trauma pada kuku.

3. Mitos: Kuku butuh bernapas
Fakta: Sama seperti sebelumnya, mitos satu ini juga banyak dipercaya. Kuku merupakan sel kulit mati, jadi tidak ada yang bisa kita lakukan untuk membantunya bernapas karena mereka memang tidak bernapas.

Foto: Beauty Heaven

4. Mitos: Air dingin membantu kutek kering lebih cepat
Fakta: Yang sering ke salon kuku sering tidak mendengar saran ini? Saran ini efektif, tapi pemahaman tersebut sebenarnya salah. Cat kuku akan mengering saat pelarut (solvent) di cat kuku menguap.

Merendamnya dengan air dingin hanya akan mengeringkan lapisan atas kutek saja, sementara lapisan bagian bawahnya masih basah.

5. Mitos: Potong kuku di malam hari bikin sial
Fakta: Ini wejangan yang sering kita dengar dari nenek kakek kita. Bukannya membawa sial, namun karena zaman dulu penerangan masih minim maka berbahaya memotong kuku di malam hari.

Sementara zaman sekarang kan penerangan sudah sangat bagus, apalagi di kota, jadi tidak masalah kalau ingin memotong kuku malam-malam, asalkan melakukannya dengan hati-hati.


Leave a Reply

Input your search keywords and press Enter.